PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP

Authors

  • Siti Chotimah STKIP Siliwangi Bandung
  • Hamidah Hamidah STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p103-107.633

Keywords:

komunikasi matematis dan pembelajaran Van Hiele

Abstract

Latarbelakang penelitian ini yaitu menerapkan keterampilan dalam geometri yang mampu mendukung pamahaman siswa terhadap ilmu lain dalam matematika seperti ilmu menghitung, mengukur, dan lain-lain. Namun kenyataannya, geometri merupakan salah satu pokok bahasan yang kebanyakan tidak diminati siswa. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam memahami geometri. Terdapat lima fase berpikir dalam model Van Hiele yang memberi pengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan disain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VII di Tirtayasa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII dari salah satu SMP di Tirtayasa yang ditetapkan secara purposive dan dipilih dua kelas VII secara acak dari kelas VII yang ada. Data hasil penelitian akan dianalisis dengan menggunakan uji statistik t, uji koefisien kontingensi dan uji dengan statistik chi kuadrat. Berdasarkan analisis data kuantitatif, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Van Hiele lebih baik daripada yang  memperoleh pembelajaran biasa.

Published

2016-11-30