MENULIS POSTER DAN SLOGAN MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING): Suatu Alternatif Peningkatan Keterampilan Menulis

Authors

  • Abdul Azis Dosen Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25p

Keywords:

menulis, poster dan slogan, PBL

Abstract

Kegiatan menulis poster dan slogan adalah kegiatan yang  bersifat produktif-kreatif. Slogan dan poster dipergunakan oleh produsen, pemerintah, atau sebuah organisasi untuk memperkenalkan produknya, atau untuk menyampaikan suatu gagasan, pengumuman, dan imbauan kepada masyarakat umum. Poster dan Slogan adalah salah satu pesan visual. Dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, pengembangan kemampuan berpikir kreatif (kreativitas) akan lebih tepat bila diintergrasikan dengan pembelajaran menulis. Kegiatan menulis akan mempertajam kreativitas siswa.

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinneka Cipta.

Nurhadi. 2007. Pendekatan Kontekstual Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nursisto, 2004. Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, D. 2005. Strategi Pembelajaran Luar Sekolah. Bandung: Falah.

Published

2015-11-07