PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Deni Iskandar
Mochamad Irfan Taofik
Indra Permana

Abstract


Judul pembelajaran memproduksi tekseksposisi denganmenggunakan metode problem based learning pada siswa kelas 10 TKR. Adapun latar belakang masalah yaitu tidak semua peserta didik dapat memahami terutama mamenuangkan gagasan mereka terkait pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Latar belakang masalah ada 3 poin yaitu: Apakah metodeProblem Based Learning dapat menumbuhkan kemahiran menulis teks eksposisi?, Apakah metode pembelajaran problem based learning efektif digunakan dalam menulisteks eksposisi?,apakah terdapat perbedaan sebelum atau setelah menggunakan metode problem based learningpada 10? Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah One-Group Pretest-Postest Design. Dimana desain yang terdapat pada pretes sebelum ada perlakuan serta postes sesudah diberikan perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat lebih sesuai, sebagai pembanding dari hasil tes antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Populasidari SMK BINA PEMUDA kurang lebih dari 150 orang dan sampel dari penelitian adalah 20 siswa dengan laki-laki 18 orang dan perempuan 2 orang. Hasil dari penelitian tersebut sebelum menggunakan metode terlihat dari nilai rata-rata tes awal 47,75 dan nilai rata-rata tes akhir 57 dengan mean 9,25 dan nilai t tabel =1 ,70 ternyata t hitung>t tabel (7,64>1,70) yang artinya perberdaan antara pretest dan postest meningkat signifikan.

Keywords


Memproduksi, Teks Eksposisi dan Metode Problem Based Learning

References


Akhmadi, M. (1990). Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh Malang.

Aminuddin. (2008). Semantik pengantar studi tentang makna. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Arif. (2008). Kiat Menulis Artikel di Media dari pemula Sampai Mahir. Bandung: Nuansa.

Kosasih, E. (2013). Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib. Jakarta: Erlangga.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Rokhanah, S. (2013). Problem Based Learning. Semarang: Balai Diklat.

Semi, Atar. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Subana. (2009). Srategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai pendidikan, Metode, Teknik, dan Media Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v7i2.p90-98

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.