PENGARUH TAYANGAN UPIN DAN IPIN TERHADAP GAYA BERBAHASA SISWA SEKOLAH DASAR

Ira Anggraeni
Tesa Apriani
Aditya Permana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tayangan upin dan ipin terhadap gaya berbahasa siswa SD. Penelitian ini bersifat kualitatif metode deskriptif yang menafsirkan data yang berkenaan dengan situasi yang terjadi, sikap, dan pandangan yang menggejala di masyarakat serta pengaruh terhadap suatu kondisi. Data dalam penelitian ini adalah gaya berbahasa siswa, khususnya unsur bahasa melayu dalam percakapan siswa. Sumber data didapat dari percakapan siswa SD. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa adanya pengaruh tayangan upin dan ipin yang bisa diketahui pada saat siswa melakukan komunikasi dilingkungan sekolahnya, siswa sering menirukan apa yang diucapkan oleh tokoh pada film tersebut. Hal ini dinilai mampu mempengaruhi perkembangan bahasanya.


Keywords


Pengaruh, Tayangan, Gaya Indonesia

References


Badjuri, A. (2010). Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jumaris, M. (2005). Perkembangan dan pengembangan anak usia taman kanak-kanak. Jakarta.

Keraf, G. (2009). Diksi dangan gaya bahasa. Jakarta.

Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GaungPersada Press.

Purwati, P., Rosdiani, R., Lestari, R. D., & Firmansyah, D. (2018). Menganalisis Gaya Bahasa Metafora dalam Novel “Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(3), 291–302. https://doi.org/10.22460/P.V1I3P%P.598

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wingkel. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zoebazary, I. (2010). Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.22460/s.v7i2p99-106.1055

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.