PENERAPAN TEKNIK SIKLUS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN ILMIAH BERBASIS VOKASIONAL

Authors

  • Teti Sobari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25p

Keywords:

siklus belajar, menulis laporan ilmiah

Abstract

Pembelajaran menulis adalah salah satu aktivitas yang dilakukan guru dan siswa di dalam mencapai tahap belajar. Aktivitas menulis sangat membutuhkan variasi dan cara pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat dalam memproduksi tulisan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional dan untuk mengentahui efektivitas metode learning cycle dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian PreetestPosttest With Control Group Design yaitu memberikan suatu perlakuan kepada subjek penelitian dan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa SMK mampu menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional dan metode learning cycle efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional. 

References

Akhadiah, Sabarti.I. 2000. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga.

Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Brolin. 1989. Life Centered Career Education: A Competency Based Approach Reston VA;

The Council for Exeptional Children.

Carin dan Evan. 1996. Sciencencing: an Involvement Approach Elemen Science Methods.

London: Merrill Publishing

Dasna, I.Wayan.2005. Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam

Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA

UM – Dirjen Dikti Depdiknas. 5 September 2005.

DePorter, B. dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Djuharie, O.S. 2001. Pedoman penulisan skripsi, tesis, disertasi. Bandung: Yrama Widya

Emilia, Emi. 2012. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk

untuk Guru. Bandung: Rizqi Press

Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif Dalam Bahan

Makanan Pada Siswa Kelas Ii Smu Negeri 1 Tumpang – Malang. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Vol 11 (2) Oktober 2004, hal 112-122.

Fraenkel, J. R. dan Wallen, N. E. 1990.How to Design and Evaluate Research in Education.

New York: Mc Graw-Hill Publishing Company.

Harrison. 1986. Penuntun Mengarang.

Hopson, B. & Scally, M. 1981. Change and development in adult life: Some implications for

helpers. British Journal of Guidance and Counselling, 8(2), 175-187. (a)

Hudojo. H. 2001. Pembelajaran Menurut Pandangan Konstruktivisme. FMIPA. UNM

Iskandar, S.M. 2005. Perkembangan dan Penelitian Daur Belajar. Makalah Seminar dan

lokakarya Pembelajaran Berbasis Konstruktivis. Jurusan Kimia UM.

Jacobs, H.L. dkk. 1981. Testing ISL Composition: A Practical Approach. London: Newbury

House Publishers, Inc Hardle and Simar.2004. Applied Multivariate Atatistical

Analysis,Second Edition. Springer

Karli, H 2005. 3 H dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Generasi Info Media

Karli, H 2005. 3 H dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Generasi Info Media

Karplus, R. (1975). Karplus, R. 1975. The learning cycle.Pembelajaran siklus. In F. Collea, et

al., Workshop on physics teaching and the development of reasoning . Dalam F. Collea,

et al., Workshop mengajar fisika dan pengembangan penalaran. Stonybrook, NY:

American Association of Physics. Stonybrook, NY: American Association of Fisika

Keraf, G. 2001. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende: Nusa Indah

Khususwanto.2008. Model Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan

Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Peserta didik. Skripsi FPMIPA UPI: Tidak Diterbitkan

Kurniawan, A. 2010. Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. Yogyakarta : Mediakom

Nurgiyantoro, B. 2001. Belajar Pintar Bahasa Inonesia. Bumi Aksara: Jakarta.

Nurgiyantoro, B. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

Rahmanto, B. 2004. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Renner, J.W., Abraham M.R.,Birnie, H.H. 1988. The Necessity of Each Phase of The Learning

Cycle in Teaching High School Physics. J. of Research in Science Teaching. 25 (1), pp

-58

Rusyana, Y. 1986. Buku Materi Pokok Keterampilan Menulis. Jakarta: Karunika

Sirait, dkk. 1985. Pedoman karang-mengarang. Jakarta: pusat pembinaan Bahasa

Soebagio dkk. 2000. Penggunaan Siklus belajar & Peta Konsep untuk Peningkatan Kualitas

Pembelajaran KLAB. PPGSM.

Suparno. 2007. Filsafat Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, H. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2012-02-05