PENERAPAN TEKNIK SIKLUS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN ILMIAH BERBASIS VOKASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25pKeywords:
siklus belajar, menulis laporan ilmiahAbstract
Pembelajaran menulis adalah salah satu aktivitas yang dilakukan guru dan siswa di dalam mencapai tahap belajar. Aktivitas menulis sangat membutuhkan variasi dan cara pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat dalam memproduksi tulisan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional dan untuk mengentahui efektivitas metode learning cycle dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian PreetestPosttest With Control Group Design yaitu memberikan suatu perlakuan kepada subjek penelitian dan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa SMK mampu menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional dan metode learning cycle efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis kecakapan vokasional.ÂReferences
Akhadiah, Sabarti.I. 2000. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga.
Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Brolin. 1989. Life Centered Career Education: A Competency Based Approach Reston VA;
The Council for Exeptional Children.
Carin dan Evan. 1996. Sciencencing: an Involvement Approach Elemen Science Methods.
London: Merrill Publishing
Dasna, I.Wayan.2005. Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam
Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA
UM – Dirjen Dikti Depdiknas. 5 September 2005.
DePorter, B. dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa
Djuharie, O.S. 2001. Pedoman penulisan skripsi, tesis, disertasi. Bandung: Yrama Widya
Emilia, Emi. 2012. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk
untuk Guru. Bandung: Rizqi Press
Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif Dalam Bahan
Makanan Pada Siswa Kelas Ii Smu Negeri 1 Tumpang – Malang. Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Vol 11 (2) Oktober 2004, hal 112-122.
Fraenkel, J. R. dan Wallen, N. E. 1990.How to Design and Evaluate Research in Education.
New York: Mc Graw-Hill Publishing Company.
Harrison. 1986. Penuntun Mengarang.
Hopson, B. & Scally, M. 1981. Change and development in adult life: Some implications for
helpers. British Journal of Guidance and Counselling, 8(2), 175-187. (a)
Hudojo. H. 2001. Pembelajaran Menurut Pandangan Konstruktivisme. FMIPA. UNM
Iskandar, S.M. 2005. Perkembangan dan Penelitian Daur Belajar. Makalah Seminar dan
lokakarya Pembelajaran Berbasis Konstruktivis. Jurusan Kimia UM.
Jacobs, H.L. dkk. 1981. Testing ISL Composition: A Practical Approach. London: Newbury
House Publishers, Inc Hardle and Simar.2004. Applied Multivariate Atatistical
Analysis,Second Edition. Springer
Karli, H 2005. 3 H dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Generasi Info Media
Karli, H 2005. 3 H dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Generasi Info Media
Karplus, R. (1975). Karplus, R. 1975. The learning cycle.Pembelajaran siklus. In F. Collea, et
al., Workshop on physics teaching and the development of reasoning . Dalam F. Collea,
et al., Workshop mengajar fisika dan pengembangan penalaran. Stonybrook, NY:
American Association of Physics. Stonybrook, NY: American Association of Fisika
Keraf, G. 2001. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende: Nusa Indah
Khususwanto.2008. Model Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan
Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Peserta didik. Skripsi FPMIPA UPI: Tidak Diterbitkan
Kurniawan, A. 2010. Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. Yogyakarta : Mediakom
Nurgiyantoro, B. 2001. Belajar Pintar Bahasa Inonesia. Bumi Aksara: Jakarta.
Nurgiyantoro, B. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada
Rahmanto, B. 2004. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius
Renner, J.W., Abraham M.R.,Birnie, H.H. 1988. The Necessity of Each Phase of The Learning
Cycle in Teaching High School Physics. J. of Research in Science Teaching. 25 (1), pp
-58
Rusyana, Y. 1986. Buku Materi Pokok Keterampilan Menulis. Jakarta: Karunika
Sirait, dkk. 1985. Pedoman karang-mengarang. Jakarta: pusat pembinaan Bahasa
Soebagio dkk. 2000. Penggunaan Siklus belajar & Peta Konsep untuk Peningkatan Kualitas
Pembelajaran KLAB. PPGSM.
Suparno. 2007. Filsafat Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tarigan, H. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.