PEMANFAATAN ZOOM MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA KULIAH INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY

Sary Sukawati

Abstract


Sebelum pandemi perkuliahan inovasi pembelajaran telah menggunakan metode lesson study secara luring. Permasalahan terjadi saat perkuliahan tiba-tiba harus dilaksanakan secara daring. Dibutuhkan media pembelajaran yang tepat dan efektif untuk melaksanakan pembelajaran. Aplikasi zoom meeting dan google classroom terpilih menjadi media utama. Pertanyaan yang timbul apakah kedua aplikasi ini efektif dalam mata kuliah inovasi pembelajaran? Bagaimana rancangan dan respons mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi zoom meeting dan GCR dalam MK Inovasi melaui lesson study? Penelitian dilaksanakan secara daring dengan sampel mahasiswa IKIP Siliwangi semester 5. Penelitian menggunakan teknik angket dan observasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Rancangan pemanfaatan aplikasi zoom meeting dan google classroom telah dilaksanakan dengan kategori baik. Kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan plan, do, dan see. 2) Hasil angket menunjukkan efektivitas zoom meeting dan GCR berada di kategori cukup baik. 71% mahasiswa menyatakan zoom meeting dan google classroom bermanfaat dalam perkuliahan. Namun, tidak dapat diabaikan masih terdapat beberapa kendala seperti sinyal, jaringan, dan kuota yang dialami oleh mahasiswa selama pembelajaran.

Keywords


zoom meeting, google classroom, inovasi pembelajaran, lesson study

Full Text:

PDF

References


Handitya, B. (2018). Peran Pendidikan dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi. In Seminar Nasional PKn UNNES (Vol. 2, pp. 41–52).

Huda, M. (2015). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhayati, D., Az-Zahra, H. M., & Herlambang, A. D. (2019). Evaluasi User Experience Pada Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL)(Studi Pada SMKN 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Nuryana, Z. (2020). Panduan penggunaan ZOOM. US untuk pembelajaran online.

Pathoni, H., & Susanti, N. (2017). Pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study menggunakan model guided inquiry di MTS Laboratorium Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 142-146.

Rosdiana, L. A., Sukawati, S., & Firmansyah, D. (2020). Meningkatkan kedisiplinan melalui google clasroom dalam mata kuliah bahasa Indonesia. Semantik, 9(1), 35–40.

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.




DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.