PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PENGUATAN LITERASI DASAR PADA ANAK

Woro Wuryani
Via Nugraha

Abstract


Kajian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan literasi dasar anak yang masih rendah. Berdasarkan berita dari Republika menyebutkan bahwa budaya literasi masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Ketua Forum Pengembangan Budaya Literasi Indonesia Satria Darma mengatakan, berdasarkan survei lembaga internasional, budaya literasi masyarakat Indonesia kalah jauh dengan negara lain di dunia. PISA juga menempatkan posisi membaca siswa Indonesia di urutan ke-57 dari 65 negara yang diteliti. "PISA menyebutkan, tidak ada satu siswa pun di Indonesia yang meraih nilai literasi ditingkat kelima, hanya 0,4 persen siswa yang memiliki kemampuan literasi tingkat empat. Selebihnya di bawah tingkat tiga, bahkan di bawah tingkat satu," ujarnya. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tergerak untuk melakukan kajian tenteng pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. Tujuannya adalah agar memberikan kontribusi pengetahuan tentang bagaimana pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, permasalahan dalam penelitian ini diuraikan secara jelas dengan bersumber pada teori tentang pendidikan keluarga dalam penguatan literasi pada anak agar menjadi bekal dalam mendidik anak. Hasil kajian dalam penelitian ini adalah menghasilkan pengetahuan dan cara dalam mendidik keluarga untuk menguatkan literasi dasar pada anak.


Keywords


pendidikan keluarga, penguatan literasi dasar, anak

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darma, Satria.(2020). Literasi Indonesia Sangat Rendah. Republika.go.id. [online]. Tersedia: https://republika.co.id/berita/ngm3g840/literasi-indonesia-sangat-rendah

Jailani.,M.S. (2014). Jurnal Pendidikan Islam. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggungjawab Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 8 (2). Tersedia: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/580

Nurihsan, A.J. (2016). Membangun Peradaban Melalui Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Saryono, Djoko,dkk. (2017). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Literasi Buku Baca-Tulis. [online]. Tersedia: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-baca-tulis.pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet




DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p101-110

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.