ANALISIS EVALUATIF SOAL UJIAN SEKOLAH BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA TINGKAT UNGGUL SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Siti Hamidah Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v4i1.p89%20-%20104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis evaluatif butirsoal yang digunakan pada Ujian Sekolah Bidang Studi Bahasa Indonesia TingkatUnggul Sekolah Menengah Kejuruan Kota Bandung Tahun Pelajaran 2011/2012.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan teknik dokumentasi. Datapenelitian berupa instrumen soal dan lembar jawaban siswa, analisis data dilakukandengan menelaah butir soal secara kuantitatif berdasarkan tingkat validitas,reliabilitas, serta tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan tingkat pengecohsoal berdasarkan kekhususan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan soal belummemenuhi aspek validitas atau memiliki tingkat validitas rendah, tetapi tingkatkoefisien reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran soal menunjukkan dominasi soal berkategori mudah pada sekolah teknik dan nonteknik, akan tetapi tingkat kesukaran sangat dipengaruhi oleh pengelompokkan sekolah berdasarkan rumpun teknik dan nonteknik, banyak soal berkategori mudah ini mengakibatkan tingkat daya pembeda soal rendah dan tingkat butir pengecoh kurang efektif. Dengan demikian penyusun soal US baiknya menyusun soal ujian sekolah dengan tingkat kesulitan soal lebih tinggi dengan mempertimbangkan kesesuaian rumpun sekolah.

Downloads

Published

2017-08-17