PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Authors

  • Aji Septiaji Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p67%20-%2082

Abstract

Keterampilan menulis pada hakikatnya ditentukan melalui sebuah proses,proses berkesinambungan penguasaan keterampilan berbahasa. Menyimak, berbicara,dan membaca adalah faktor penunjang dalam menguasai pengalaman keterampilanmenulis yang teraplikasikan dalam bentuk tulisan. Menulis secara aktif turutmelibatkan beberapa unsur, yaitu: penulis sebagai penyampaian pesan, isi tulisan,saluran atau media, dan pembaca. Hasil tulisan bisa dalam bentuk karangan ilmiahdan nonilmiah. Penulis menelaah karangan ilmiah yang dispesifikasikan ke dalamkarangan argumentasi guna menuntut peserta didik terampil dalam mengelolainformasi berdasarkan fakta, mampu memiliki argumen, dan berpikir kritis terhadapfenomena yang ada. Karangan argumentasi bertujuan membuktikan kebenaran suatupendapat/kesimpulan dengan data/fakta sebagai alasan/bukti. Pengarangmengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Karangan sebagai mediapenyampaian bahasa tulisan yang menuntut peserta didik mampu berkomunikasi perludibina secara sungguh-sungguh. Keterampilan dan kemampuan menulis ini harusditumbuhkan secara terencana. Bentuk aplikasi tersebut yaitu melalui pemanfaatanmedia pembelajaran berbasis iMindMap. iMindMap merupakan perangkat lunak(software) dari model pembelajaran Mind Map (peta pikiran) yang membantumempersiapkan peserta didik agar mampu memahami secara komprehensif dengancara yang menyenangkan. Memanfaatkan potensi alamiah otak peserta didik yangtidak senang menghafal atau pun terbentur dengan ide/gagasan. iMindMap dikemasdalam bentuk software atau program sehingga lebih dapat memberdayakankecerdasan ilmu pengetahuan khususnya pengembangan keterampilan menulis. Kata Kunci: Keterampilan Menulis. Wacana Argumentasi, iMindMap

Downloads

Published

2017-08-17