PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS CERPEN MELALUI METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING)
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v5i1.p%25pAbstract
Abstrak: Tulisan ini berupaya untuk memberikan solusi alternatif bagipermasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada pembelajaransastra. Pembelajaran sastra saat ini merupakan bagian dari pembelajaranbahasa Indonesia yang mendapatkan porsi lebih kecil dibandingkan dengankebahasaan. Hanya sedikit materi kesastraan diajarkan di kelasdibandingkan dengan materi kebahasaan. Kenyataan lain, bahwa denganporsi yang hanya sedikit tersebut, faktanya pembelajaran sastra masihmemiliki problematikanya sendiri. Permasalahan mengenai metodepembelajaran sastra yang dianggap monoton kerap dirasakan oleh siswa.Banyak faktor dan akibat yang ditimbulkan dari pembelajaran yang monotontersebut. Salah satunya adalah kebekuan ide. Pada penelitian ini, metodealternatif yang diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen adalahmetode mind mapping. Melalui tahapan-tahapan dalam metode mindmapping siswa dapat mengembangkan ide dan pikirannya sebelum menulissebuah cerpen, sehingga cerpen yang dihasilkan lebih kaya dan kreatif. Hasilpenelitian telah menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping efektifuntuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis cerpen.Peningkatan yang dihasilkan mencapai 3,5% sampai 43,5%.Kata Kunci: metode mind mapping, kreativitas, dan menulis cerpen.ÂDownloads
Published
2016-02-01
Issue
Section
Artikel