PERAN MATA KULIAH KOMPREHENSI LISAN DALAM MENUMBUHKAN LITERASI MEDIA MAHASISWA PBSI UAD

Denik Wirawati

Abstract


Abstrak

Komperehensi lisan atau keterampilan menyimak merupakan salah satu mata kuliah keterampilan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Memiliki jumlah 2 (dua) Satuan Kredit Semester (SKS), mata kuliah ini dipelajari oleh mahasiswa semester 1 (satu). Keterampilan menyimak bertujuan membekali mahasiswa dalam memililih kompetensi memahami hakikat menyimak, faktor-faktor yang mempengaruhi menyimak, suasana dan daya simak, proses menyimak, dan memilih bahan simakan, jenis-jenis menyimak, memirsa, serta praktik menyimak. Pembelajaran menyimak dalam pelaksanaanya dapat didukung dengan penggunaan media. Beragam media pembelajaran dapat digunakan salah satunya adalah media aplikasi dari Youtube berupa media audio visual. Adanya media Youtube, mahasiswa dapat dengan mudah mengakses berbagai bahan simakan. Bahan-bahan simakan dalam media Youtube seperti  berita, pidato, ceramah, dongeng, puisi, syair, dan juga lagu. Macam-macam bahan simakan tersebut dapat diunduh kemudian ditayangkan dalam pelaksaan pembelajaran menyimak. Penayangan media audio visual merupakan media pembelajaran yang menarik. Informasi terbaru dan perkembangan ilmu pengetahuan dapat diperoleh dari bahan simakan yang ditayangkan. Keterampilan menyimak menggunakan media berita yang diunduh dari aplikasi Youtube. Penggunaan media video berita untuk mempermudah mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan menyimak dengan tujuan agar mahasiswa dapat menuliskan kembali berita yang telah disimak dengan menggunakan sususan kalimat yang berbeda namun sesuai dengan isi berita.

Kata Kunci : Komperehensi lisan, Literasi, Media.


Keywords


Komprehensi lisan

References


Hermawan, H. 2012. Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terbaik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Puspasari, D. 2015. Menyimak Kritis. Jakarta: Tim Media Nusa Creative.

Resmini, Novi. 2015. “Orasi dan Literasi dalam Pengajaran Bahasa”. Dalam http://file.upi.edu. 15 Oktober.

Sari, E. S. 2016. Mengoptimalkan Kembali Literasi Sastra di Perguruan Tinggi Perlukah?. Yogyakarta: KNBS III.




DOI: https://doi.org/10.22460/s.v7i1p%25p.680

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.