PENERAPAN METODE MENGIKAT MAKNA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA MAHASISWA IKIP SILIWANGI BANDUNG

Ely Syarifah Aeni
Riana Dwi Lestari

Abstract


Abstrak

Menulis dan membaca adalah dua keterampilan berbahasa yang tidak dapat dipisahkan. Menulis dan membaca merupakan aktivitas berbahasa ragam tulis. Menulis adalah kegiatan mengungkapkan atau menyampaikan gagasan, sedangkan membaca adalah keterampilan memahami tulisan secara bermakna. Seseorang mampu menulis setelah membaca banyak karya/tulisan orang lain. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode mengikat makna. Mengikat makna adalah suatu metode yang sangat cocok digunakan karena dapat memadukan membaca dan menulis sekaligus secara aktif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas membaca dan menulis, khususnya menulis cerpen bagi mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Oleh karena itu, diharapkan metode mengikat makna ini mampu merangsang daya imajinasi mahasiswa untuk menulis lebih baik. Mereka dapat memulainya dengan menemukan kata-kata menarik yang akan diikatnya menjadi sebuah tulisan berupa cerpen. Metode mengikat makna ini bersifat personal sehingga dapat melibatkan diri pribadi yang paling dalam. Oleh karena itu, dengan metode ini, mereka diberikan kebebasan untuk berimajinasi dan menuangkan segala ekspresinya. Jika metode ini dilakukan secara rutin dan terus menerus akan menghasilkan sebuah karya yang berdaya dan layak dibaca oleh masyarakat luas. Penelitian ini dilakukan melalui kajian deskriptif, yaitu menggambarkan peran membaca yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dengan baik. Adapun data didapat dari teknik pengamatan melalui menulis cerpen yang penjabarannya dilakukan secara deskriptif kuantatif. Dalam penelitian kuantatif langkah-langkah atau tahapan-tahapan itu secara garis besar dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu; 1) Tahapan persiapan/ pra-lapangan, 2) Tahapan pekerjaan lapangan, dan 3) Tahapan analisis data. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran membaca terhadap kemampuan menulis mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir diketahui bahwa penerapan metode mengikat makna efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada mahasiswa semester VI. Hal ini ditunjukkan dengan nilai  rata-rata hasil tes awal 65,6 sedangkan pada tes akhir mengalami peningkatan menjadi 76,85.

Kata kunci: mengikat makna, menulis, cerpen

Keywords


Mengikat Makna

References


Akmal, M. (2007).Nulis, yuk: cerpen novel bagipemula. Jakarta: LembagaPenerbitFakultas

UI.

Artu, N. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas iv sdn pembina liang melalui penerapan strategi survey question reading recite review (sq3r).Jurnalkreatiftadulako online volume 2 No. 2 ISSN 2354-514X. FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasTadolako.

Dalman.(2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Dawami, M. I. (2017). Pseudo literasi: menyingkap sisi lain dunia literasi. Margomulyo: Maghza Pustaka

Hernowo. (2004). Quantum reading: cara cepat nsn bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi membaca”. Bandung: MLC

Hernowo. (2004).Vitamin t: bagaimana mengubah diri lewat membaca dan menulis. Bandung: MLC

Hernowo. (2009). Mengikatmakna update: membacadanmenulis yang memberdayakan.

Bandung: Mizan.

Keraf, G. (2008). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta: Gramedia.

Langi, A. (2015). Peningkatan kemampuan membaca dan menulis dengan menggunakan

Kartu huruf di kelas 1 SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif Tadulako. Online vol. 4 no. 8. ISSN 2354-614X.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadolako.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ramadhanti, D. (2015). Pengembangan model pembelajran menulis cerpen berbasis

contextual teaching and learning (CTL) siswa kelas ix SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajaran.Volume 2 No. 3 Oktober 2015.Universitas Negeri Padang.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trim, B. (2016). Inilah menulis dan menyunting profesional. Jakarta: Inkubator

Penulis Indonesia.

Trim, B. (2016). Menulispedia: Panduan menulis untuk mereka yang insaf menulis.

Bandung: PenerbitNuansa.

Windi, C.S dkk. (2013). Peningkatan keteranpilan menulis cerpen menggunakan

Model pembelajaran demonstrasi sunyi dengan memanfaatkan lirik lagu pada siswa kelas xii SI SMA Negeri 1 Depok. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol 1 No 2. 2012. Yogyakarta: ePrints@UNY. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.22460/s.v7i1p%25p.681

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.