PENULISAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PRAKTIS

Authors

  • Siti Maryam Universitas Surya Kencana
  • Daud Pamungkas Universitas Surya Kencana
  • Aprilla Adawiyah Universitas Surya Kencana
  • Iis Rohmawati Universitas Surya Kencana
  • Latifah Latifah Universitas Surya Kencana

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v7i1.p%25p

Keywords:

Laporan

Abstract

AbstractThis article aims to describe about writing Indonesian language classroom action research report trough practical inquiry approach. There are ten criteria will be analyzed in five classroom action research reports as samples, there are title, introduction or research background, formulation and problem solving, purpose, significance of research, literature review, research methodology, research schedule, references, and language usage. Each of these criteria given maximum score, 5 for each aspect. From fifth classroom action research reports, there is one reports which enough for all criteria, there is LPTK-01 and one report got the lowest score is LPTK-05. Lowest score in ten criteria for reference, while the ideal score for research purpose and language usage. Keywords: classroom action research, report, practical inquiry approachAbstrakArtikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penulisan laporan penelitian tindakan kelas bahasa Indonesia melalui pendekatan inkuiri praktis. Terdapat sepuluh kriteria yang dianalisis dalam lima laporan PTK yang dijadikan sampel, yaitu judul, pendahuluan, perumusan dan pemecahan masalah, tujuan, manfaat, kajian pustaka, metode penelitian, jadwal penelitian, daftar pustaka, dan penggunaan bahasa. Masing-masing kriteria kemudian diberikan skor maksimal yaitu 5 untuk setiap aspeknya. Dari kelima laporan PTK, terdapat satu PTK yang cukup memenuhi seluruh kriteria, yaitu LPTK-01, dan satu laporan PTK yang masih belum memenuhi kriteria atau skor terendah dari lima PTK, yaitu LPTK-05. Kriteria yang belum memenuhi skor ideal (skor terendah) adalah dalam penulisan daftar pustaka, sedangkan yang memperoleh skor ideal adalah penulisan tujuan dan penggunaan bahasa.Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Laporan, pendekatan inkuiri praktis

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi, Suharjono, dan Supardi, 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Zaenal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YRAMA WIDYA.

Maryam, Siti. 2016. Analisis Kesalahan Penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Karya Guru-Guru di Kabupaten Cianjur serta Implementasinya bagi Bahan Perkuliahan Penelitian Terapan di FKIP UNSUR Cianjur Tahun 2015-2016. Laporan Penelitian. Tidak Diterbitkan.

Schubert, William Henry. 1986. Curriculum: Perspective, Paradigm, and Possibility. New York: Macmillan Publishing Company.`

Sumarno. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Dirjen Dikti

Published

2018-03-07