IMPLEMENTASI TRIGATRA BAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v14i1.p59-70

Kata Kunci:

Implementasi, Trigatra bahasa, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstrak

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara harus diutamakan, bahasa daerah harus dilestarikan, dan bahasa asing sangat penting untuk dikuasai. Namun, banyak siswa yang tidak memahami mengapa bahasa Indonesia harus diutamakan, untuk apa bahasa daerah dilestarikan dan bahasa asing dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefketifan penerapan model pembelajaran trigatra bangun bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan semangat dan menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 SMA Negeri 3 Kota Ternate, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik pengamatan dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran trigatra bangun bahasa efektif digunakan untuk meningkatkan semangat dan menumbuhkan kesadaran siswa tentang pentingnya mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

Biografi Penulis

Haerul Haerul Haerul, Universitas Khairun

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Rafik, Universitas Khairun

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Khairun

Mimin, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Referensi

Adi, S. W. (2024). Implementasi Peran Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi Ditinjau Dari UU Nomor 24 Tahun 2009. Jurnal Hukum dan Sosial Politik, 2(1), 226-234.

Al Mustofa, N., Latifah, F. U., Fadli, R. A., Ichsan, M. H., Pratama, T. M., & Rahmawati, L. E. (2022). Program karang taruna candu bahasa sebagai upaya peningkatan kualitas berbahasa di masyarakat desa Jenalas.

Anto, P., Hilaliyah, H., & Akbar, T. (2019). Pengutamaan bahasa Indonesia: Suatu langkah aplikatif. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 17-24.

Ariyanto, Z. R., Rahmawati, L. E., & Lestari, W. D. (2024, March). Studi kasus fenomena xenoglosofilia pada mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. In Prosiding University Research Colloquium.

Asyura, M. (2024). Program training duta bahasa sebagai agen penyuluh bahasa dan literasi. Jurnal Inovasi Dan Terapan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 31-41.

Fathrunisa, R., Nurjam’an, M. I., Adawiyah, S. R., Putri, R. M., Amalia, M., Akbar, M. B., ... & Suriyani, I. (2023). Penguatan karakter siswa melalui bahasa indonesia yang baik dan benar pada generasi milenial di desa Ciaruteun Udik Kecamatan Cibungbulan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 12(02).

Fitriah, S., & Putri, A. K. (2023, December). Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik Taman Rimbo Jambi. In Prosiding Seminar Nasional Humaniora (Vol. 3, pp. 26-35).

Ginting, S. U. B., Nofasari, E., Dina, R., Ismail, I., & Kartolo, R. (2024). Sosialisasi tri gatra bahasa yaitu: utamakan bahasa indonesia, lestarikan bahasa daerah, kuasai bahasa asing pada masyarakat desa Telagah kecamatan Sei Bingai. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 72-79.

Hardini, T. I., & Sunendar, D. (2022, December). Trigatra Bahasa Model in Central-West Java Border Area. In Sixth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2022) (pp. 581-585). Atlantis Press.

Hardini, TI, Sunendar, D., Yulianeta, Y., & Fauziyah, R. (2024, Februari). Model pembelajaran trigatra bahasa berbasis keterampilan abad 21. Dalam Konferensi Internasional ke-7 tentang Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pendidikan (ICOLLITE 2023) (hlm. 467-472). Atlantis Press.

Hummairoh, S., Pasaribu, B. E., Ramadan, D. H., Tobing, J. L. H., & Sianturi, L. T. (2021, October). Penerapan Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) dalam Pemilihan Duta Bahasa SUMUT. In Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi-SANISTEK (pp. 154-161).

Intishar, N. A., Hardini, T. I., & Sunendar, D. (2023). Implementasi trigatra bahasa dalam upaya optimasi peran duta bahasa Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 23(2), 291-310.

Nuryati, N., & Muslim, N. (2019). Laporan penelitian pengendalian penggunaan bahasa Indonesia pada media massa di Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2019.

Rahmawati, K. D., Yulianeta, Y., Hardini, T. I., Sunendar, D., & Fasya, M. (2022). Xenoglosofilia: Ancaman terhadap pergeseran bahasa Indonesia di era globalisasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(2), 168-181.

Sunendar, D., Hardini, T. I., & Racmadhany, A. (2024). The" Trigatra Bahasa": How much do digital native students understand about it?. International Journal Of Education, 17(2).

Wisnu, I. W. G., Purnami, I. A. P., & Sari, N. P. D. (2023). Pemberdayaan guru bahasa Bali jenjang sma/smk dalam kebijakan pemerintah provinsi Bali. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-9.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-06