Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Awal Anak Usia Dini Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B TK Lima

Authors

  • Tri Rahayu TK Lima
  • fifiet dwi santana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p10-24.1189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis awal anak usia dini melalui permainan kartu huruf pada anak kelompok B TK Lima Cibabat - Cimahi, tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik pada Kelompok B TK Lima, Cibabat, Cimahi, Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik 9 anak yang terdiri atas 4 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Kolaborator dalam penelitian ini terdiri atas seorang guru sebagai pelaksana tindakan dan seorang guru sebagai observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, hasil karya, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ketuntasan guru mengalami peningkatan. Hasil peningkatan dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan yaitu peningkatan ketuntasan yang dicapai oleh guru dan anak usia dini pada Siklus I dan Siklus II yaitu pada siklus I nilai ketuntasan guru mencapai 65,74 % sedangkan nilai ketuntasan anak usia dini 71,24 %. Pada Siklus II nilai ketuntasan guru mencapai 83,62 % sedangkan nilai ketuntasan anak usia dini 86,77 % dengan demikian hasil observasi keterampilan menulis awal anak usia dini meningkat. Perbandingan hasil tes dicapai sebagai berikut : Tes Awal mencapai 66,67 %, Tes Siklus I mencapai 77,55 %, dan hasil Tes Siklus II mencapai 82,11 %. Sedangkan peningkatan proses menulis sebelum dilakukan tindakan, kurang terampil 33,33 %; cukup terampil 66,67 %; terampil 0 %; sangat terampil hasil tersebut kemudian meningkat setelah proses tindakan kelas dalam penelitian ini dilakukan, hasil karya proses menulis anak usia dini pada kategori kurang terampil 11,11 %; cukup terampil 11,11 %; terampil 44,44 %; sangat terampil 33.33 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan melalui kartu huruf secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan menulis awal anak usia dini kelompok B TK Lima Cibabat, Cimahi, tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: permainan, kartu huruf, keterampilan menulis awal

References

Achdami Mulya, (2006). PAUD Investasi Masa Depan Bangsa, Direktorat PAUD, Dirjen PLS, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Beaty Janice J., (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta, Prenadamedia Group.

Dhieni Nurbiana dkk., (2008). Metode Pengembangan Bahasa, JakartaUniversitas Terbuka.

Fadlillah dkk, (2013), Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Kencana.

Gunarsa Singgih, (2002) Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Harlock Elizabeth B. (2011), Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Hendriana Heris, (2014). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Refika Aditama.

Musthafa Bachrudin, (2008). Dari Literasi Dini ke Literasi Teknologi, Jakarta: PT. Cahaya Insan Sejahtera.

Mulyasa (2012). Manajemen PAUD, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Abdurrahman, (2012).Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Rudiana, (2012). 9 Karakter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak, Bandung: Smile’s Indonesia Institute Publishing.

Santrock John W. (2002), Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.

Sukmadinata Nana S. (2005), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sujiono Bambang dkk. (2007).Metode Pengembangan Fisik, Universitas Terbuka.

Sujiono Yuliarni Nurani, (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Indeks.

Sugiono, (2014). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta.

Wiyani Novan Ardy, (2014) Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media.

Yuliantina Irma, (2014) Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini, Bekasi: STKIP Panca Sakti.

Sumber dari Penelitian Tindakan Kelas dan Skripsi:

Jumirah, Siti Wahyuningsih, Karsono. (2014). Tugas PTK, Bermain Kartu Huruf untuk meningkatkan Pengenalan Keterampilan Menulis pada Anak Kelompok B2 TK Islam Permata Hatijajar, Program Studi PG-PAUD, Universitas Sebelas Maret.

Mardiyah. (2015). Tugas PTK, Penggunaan Kartu Huruf Bergambar untuk meningkatkan Kemampuan mengenal huruf di Kelompok B TK Masyithoh Pucung Candirejo, Semin, Gunung Kidul, Program Studi PG - PAUD, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.

Mimin, (2014). Persepsi Guru Tentang Penerapan Pengembangan Kemampuan Menulis di Taman Kanak-Kanak, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumber dari Internet :

https:/bagawanabiyasa.wordpress.com [diakses tanggal 15 /9/2015]

https://leoniya.wordpress.com [diakses tanggal 15/9/2015]

http://pustaka.dwipena.com [diakses 3/8/2016]

http://rishelcha.blogspot.co.id/2012/10/penyusunan-instrumen-penelitian.html [diakses 15/9/2016]

http :// riniraihan.wordpress,com/pengem-

bangan-keterampilan-

Published

2018-04-01