PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN STRATEGIK BERBASIS Beyond Center and Circle Time (BCCT) DI KOBER AR RAHMAH KAB. GRESIK

Authors

  • Sli’ah Adelia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ibut Priono Leksono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • M Subandowo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p52-63.1472

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah berupa pengembangan model manajemen strategik berbasis Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Pengembangan ini akan memberikan langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran dan strategi pengelolaan lembaga berbasis BCCT agar pengembangan berjalan maximal sesuai dengan harapan lembaga meningkatkan perkembangan anak didik seutuhnya dan perkembangan lembaga seluruhnya. Pengembangan Model manajemen strategik ini telah diberikan penilaian oleh ahli materi dan ahli desain pembelajaran ini sangat layak yang artinya bahwa pengembangan model manajemen strategik BCCT ini layak dipergunakan untuk pembelajaran anak didik dan lembaga di Kober Ar Rahmah Desa Panjunan Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Saran yang dapat disampaikan pada pengembangan model manajemen strategik berbasis BCCT : 1) Model pengembangan manajemen strategik berbasis BCCT ini tidak hanya digunakan untuk Kober Ar Rahmah saja namun juga dapat digunakan untuk semua pendidik dan pengelola pada Pendidikan Anak Usia Dini, 2) Guru dapat mengevaluasi dalam pengembangan multiple intelligences sehingga dapat memperbaiki/meningkatkan kemampuan-kemampuan anak sehingga tercipta anak didik yang kreatif, shaleh-shalehah, cerdas, ceria sesuai dengan usianya.Kata kunci: Pengembangan, Manajemen strategik, BCCT

References

Arthur Macewan. 2015. Early Childhood Education, Economic Development, And The Need For Universal Programs: With A Focus On New England. Vol 10(1),ISSN 1842-3191.

Asta SavaneviÄienÄ—. 2017. Practical Application Of Exclusive And Inclusive Talent Management Strategy In Companies. 15(2).

Catherine Chinyere Ukala. 2017. Linking Early Childhood Education With Indigenous Education Using Gamification: The Case Of Maintaining Cultural Value And Identity. Vol. 13. No.1.

Diana. 2012. Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.

Jalal, F. 2002. “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya PADUâ€. Buletin PADU Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia. 03. 9 – 18.

Jan Newberry. 2017. Anything Can Be Used to Stimulate Child Developmentâ€: Early Childhood Education and Development in Indonesia as a Durable Assemblage. The Journal of Asian Studies. Vol. 76. No.1.

Kis rahayu. 2014. Modul Konsep pendekatan BCCT, TAA-Playgroup-TK Aisyah Nur’aini. Yogyakarta.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Reni Akbar. 2001. Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Grasindo.

Sondang P. Siagian. 2001. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryadi. 2007. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit EDSA Mahkota.

Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosda Karya. cet. 3.

Yamin, Martinis & Jamilah, Sabri Sanan, 2012. Panduan Paud Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Downloads

Published

2019-10-31