KECERDASAN JAMAK MELALUI TEKNOLOGI KOMPUTER DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Wulanda Aditya Azis

Abstract


Paradigma orangtua di masa sekarang, menunjukkan bahwa semakin banyaknya jenis kecerdasan anak menyadarkan orang tua bahwa anak mereka dapat memiliki kecerdasan di berbagai bidang tidak hanya pintar di satu bidang. Seringkali kita jumpai pemaksaan yang dilakukan orang tua terhadap anak agar berkembang menurut apa yang mereka sukai/inginkan. Padahal, anak akan berkembang lebih pesat apabila diasah sesuai dengan bidang yang diminatinya. Para orang tua hendaknya sering menghabiskan waktu bersama anak-anaknya melalui kegiatan-kegiatan seru di dalam atau di luar rumah, saat liburan ataupun hari-hari biasa. Prinsip dalam menstimulasi kemampuan anak adalah tanpa paksaan, bila perlu sambil bermain dan belajar sehingga anak sadar dan berada di lingkungan yang kondusif untuk melatih kemampuannya. Meninngkatkan kecerdasan anak di pendidikan anak usia dini banyak metode atau media yang bisa dilakukan salah satunya melalui teknologi komputer untuk mengimbangi jaman yang semakin berkembang pesat.
Kata Kunci: Kecerdasan, Teknologi, Anak Usia Dini

References


Chatib, Munif. (2013). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.

May Lwin, dkk. (2003). How To Multiply Your Child Intellihence: Cara Mengembangkan Berbagai Kecerdasan, Christine Sujana. Trj. Yogyakarta: Indeks.

Susanto, H. (2005). Penerapan Multiple Intelligence dalam Sistem Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur No. 04, Th IV, Juli 2005. http: journal.iain-padangsidimpuan.ac.id

Suyadi & Dahlia. (2015). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wawuru, F & Satiadarma, M. (2003). Mendidik Kecerdasan, Pedoman Bagi Orangtua dan Guru Dalam Mendidik Anak Cerdas, Edisi 1. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Jakarta: Dian Rakyat.




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p47-50.2047

Article Metrics

Abstract view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.