PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL WORDLESS PICTURE BOOK BERBASIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Authors

  • Anita Rakhman IKIP SILIWANGI
  • Asih Nur Ismiatun PG-PAUD, Universitas Negeri Jambi
  • Arifah A Riyanto PG-PAUD, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3149

Abstract

Penanaman karakterk peduli lingkungan sangat penting dilaksanakan sejak dini, apalagi seiring dengan banyaknya isu-isu kerusakan lingkungan. Salah satu cara untuk memberikan stimulasi karakter peduli lingkungan adalah melalui pembelajaran PAUD dengan media yang menyenangkan, bermakna dan merangsang kemampuan berpikir anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :1) mengembangakan media digital wordless kuisioner  berbasis karakter peduli lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun, dan 2) mengetahui efektivitas media digital wordless picture book berbasis pendidikan literasi lingkungan. Penelitian melibatkan 3 lembaga PAUD di Kota Cimahi. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Sugiyono, dengan mengadaptasi 9 tahap. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner analisis kebutuhan, angket respon guru dan dan anak, dan lembar observasi karakter peduli lingkungan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penelitian berhasil melakukan pengembangan media digital wordless picture book berbasis karakter peduli lingkungan untuk anak usia 5-6 tahun, dan 2) Pengembangan media digital wordless picture book berbasis karakter peduli lingkungan untuk terbukti tepat berdasarkan dari validasi expert judgment dan hasil uji media, dan 3) Media media digital wordless picture book berbasis karakter peduli lingkungan efektif untuk meningkatkan literasi lingkungan pada anak usia 5-6 tahun, dibuktikan dengan uji paired sample t- test,dengan signifikansi (0,000<0,005).

Author Biography

Anita Rakhman, IKIP SILIWANGI

Early Childhood Education Department

References

Arif, M. M., & Hashim, F. (2008). Reading from the Wordless : A Case Study on the Use of Wordless Picture Books. 121–126Arif, M. M., & Hashim, F. (2008). Reading from the Wordless : A Case Study on the Use of Wordless Picture Books. 121–126.

Clayton, S. (2019). Environmental literacy and nature experience in Chengdu , China. March. https://doi.org/10.1080/13504622.2019.1569207

Fitriana, Febi. (2018). Pengaruh Penggunaan Wordless Picture Book Dalam meningkatkan Kecerdasaan

Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Terpadu LAB Belia Semarang. PG-PAUD. Universitas

Negeri Semarang.

Genc, M. (2019). International Research in Geographical and The project-based learning approach in environmental education Murat Genc. International Research in Geographical and Environmental Education, 24(2), 105–117. https://doi.org/10.1080/10382046.2014.993169

Jayawardhana, H. B. A. (2016) Pendidikan karakter peduli lingkungan sejak dini sebagai upaya mitigasi bencana ekologis. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education). Hal. 49-64

Irfianti, M. D., Khanafiyah, S., & Astuti, B. (2016). Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiential Learning. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 72–79.

Kusumaningrum, Diana. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Volume 01, Nomor 02, pp: 57~64.

Lestari, Ika. (2018). Developing Wordless Picture Book to Improve The Storytelling Ability of 5 to 6 Years Ols Children. Cakrawala Pendidikan. XXXVII, No. 1.

Masruroh, M. (2018). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 18(2), 130. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461

Mcbeth, W., & Volk, T. L. (2010). The National Environmental Literacy Project : A Baseline Study of Middle Grade Students in the United States. 41(1), 55–67. https://doi.org/10.1080/00958960903210031

Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Rezkita, S., & Wardani, K. (2010). KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. 327–331.

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tivani, I., & Paidi, P. (2016). Pengembangan LKS biologi berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 35. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8804

Published

2023-04-01