PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN OPERASI BILANGAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Nunung Nurjanah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p105-119.645

Abstract

Artikel ini mengkaji penelitian terkait dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL)dalam meningkatkan kemampuan berhitung da operasi bilangan anak usia dini. Penelitian ini bermula daripermasalahan kemampuan berhitung dan operasi bilangan anak di TK Budi Asih yang seringkali mengalamihambatan. Berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan anak dalam aspek berhitung dan operasi bilangan masih belum optimal, hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya anak yang hanya dapat menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10 tanpa memahami arti dari bilangan tersebut, anak terlihat belum mampu membilang dengan menggunakan benda, belum mampu menjumlah dengan menggunakan benda dan belum mampu melakukan pengurangan dengan benda. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan penggunaan cara yang tepat, dalam penelitian ini solusi yang digunakan yaitu model pembelajaran IBL.

References

Echols, J. M. dan Shadily, H. (2005). Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia

Gulo,W. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Grasindo.

Kemmis, S. & Mctaggart, R. (2005). Participatory action research

communicative action and the public sphere, Handbook of qualitative research. London: SAGE Publications.

Kusnandar. (2007). Guru Professional Implementasi Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta:

Raja Grafindo

McNiff. J & Whitehead. J (2002). Action Research: Principles and Practice, Second Edition. USA: RoutledgeFalmer.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Professional Menciptakan

Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja

Rosda Karya Sanjaya, 2006

Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan

Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhadi dan Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang:Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Setiasih, O. (2008). Bahan ajar diklat tenaga pendidik paud nonformal

tingkat dasar: Bermain. Bandung: Direktorat PTK PNF Dirjen PMPTK

Departemen Pendidikan Nasional dengan Universitas Pendidikan

Indonesia.

Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen.

Pendidikan Nasional.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Konstruktivis. Surabaya. Penerbit Pustaka Publisher.

Wahyudin, U., & Agustin, M. (2013). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Yusuf, S. (2012). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-02-06