PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN

Authors

  • Lina Oktariani Utami STKIP Siliwangi
  • Indah Sari Utami STKIP Siliwangi
  • Nora Sarumpaet STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p175-180.649

Abstract

Anak-anak menghadapi masalah dan hambatan dalam kehidupan sehari-harinya, misalnya masalah berebut mainan dengan teman sebaya, kesulitan memahami aturan bermain dan lain-lain. Walaupun masalah yang mereka hadapi tidak sama dengan masalah yang dihadapi orang dewasa, anak tetap harus memiliki kemampuan problem solving yang bisa membantu mereka mengatasi masalah tersebut dengan baik, sehingga kemampuan tersebut akan terus berkembang, salah satunya dalam kemampuan kognitif. Metode pembelajaran problem solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang mencerminkan atau dilandasi oleh filsafat konstrukstivisme. Dalam pendidikan anak usia dini, metode problem solving bisa dilakukan dengan cara bermain seperti bermain maze, labirin, bermain peran, bermain balok dll.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat PAUD. 2008. Perkembangan dan Belajar Anak Didik. 2005. Pekanbaru. Cendikia Insani.

Nur’aini, Farida. Edu Games For Children. Surakarta. Afra Publishing.

Roestiyah. N . K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Bina Aksara. Cet III

Downloads

Published

2018-02-06