UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI ALAT PERMAINAN BALOK DI TAMAN KANAK-KANAK CIPTA MULIA KECAMATAN CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Ika Kemalawati Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i1p%25p.369

Abstract

Masalah pokok dalam makalah ini berfokus pada Upaya Meningkatkan Kereativitas Anak Melalui Alat Permainan Balok Di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Agar dapat mengetahui langkah-langkah penerapan penerapan balok di Taman Kanak-kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. 2. Agar dapat mengetahui hasil dari penerapan permainan Balok di Taman Kanak-kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. 3. Agar dapat mengetahui apa saja Faktor pendukung dan penghambat penerapan permainan Balok di Taman Kanak-kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandug Barat. Landasan teoritis yang mendasari penelitian ini adalah Konsep Kreativitas, Konsep Anak Usia Dini, dan Konsep Permainan Balok. Penelitian ini di rancang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kegiatan bermain balok dalam upaya meningkatkan kreativitas anak dimulai dari tahapan perencanaan kegiatan, serta evaluasi dan hasil kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi literatur, catatan lapangan, dan catatan hasil kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bermain Balok dapat Meningkatkan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Adapun faktor penghambat kegiatan bermain balok ada faktor internal dan faktor eksternal dari Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sedangkan faktor pendukung kegiatan Bermain Balok yaitu adanya kreativitas dan inovasi dari tenaga pendidik maupun orangtua murid itu sediri. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kreativitas, Permainan Balok

References

Asfandiyar, A. 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif. Bandung : Media Utama Mizan.

Nurhayati, S. 2015. Dasar-Dasar Pembuatan Dan Pengembangan APE.Cimahi : HSB Publising House Cet.Ke-2

Sriningsih, N. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu Anak Usia Dini. Pustaka Sebelas, Cet.Ke-2,2009.

Sujiono, N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks.

Yazid, B. 2012. Panduan Lengkap PAUD. Bandung : Citra Publising.

Downloads

Published

2017-02-28