PENGGUNAAN METODE BERCERITA BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD SMART LITTLE CILAME INDAHBANDUNG

Authors

  • Try Setiantono STKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611

Keywords:

PTK Terhadap Anak Usia Dini di Paud

Abstract

Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah eara mencrapkan pendidikan melalui metode bercerita terhadap prilaku anak. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penggunaan metode bercerita dalam proses pembelajaran di PAUD, untuk mengetahui prosedur pemilihan tema cerita, untuk mengetahui dampak metode bercenta terhadap pnlaku anak setelah mengilcuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita, dan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi pembimbing dalam menggunakan metode bercerita yang bertujuan menerapkan pendidikan untuk anak. Teori yang dianggap bermakna, dalam mengungkapkan fokus di atas, yaitu Konsep Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep Pembelajaran, Konsep Perkembangan Bahasa, dan Konsep Metode bercerita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah Icualitatif dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan tujuan untuk memperbaiki persoalan nyata dan praktis dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar khususnya pembelajaran untuk meningkaflm empati anak. Kemampuan berempati anak di PAUD Smart Little Cilame Indah, setelah diterapkannya metode bercenta, mengalami peningkatan. Terlihat dari aspek kemampuan empati yang diamati mengalami peningkatan. Anak dapat menghormati teman, anak sudah tidak memaksakan kehendak kepada. teman, anak clapat bersabar menunggu giliran, dan anak dapat membantu guru.

Downloads

Published

2012-09-30