ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Authors

  • Siti Chotimah Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi
  • Indah Puspita Sari Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi
  • Luvy Sylviana Zanthy Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p86-89.1283

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematik, Kubus dan Balok

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menganalisis tentang kesulitan siswa dalam proses kemampuan pemecahan masalah matematik. Berdasarkan analisis, kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematik pada materi kubus dan balok pada indikator Mengidentifikasi strategi yang dapat ditempuh hanya mencapai 21% dan rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yaitu 43%. Instrumen soal yang digunakan adalah soal yang sudah diuji realibilitas, validitas, daya beda dan indeks kesukarannya juga telah divalidasi oleh validator ahli. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui sejauh mana pencapaian indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematik pada tiap butir pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan bahwa pencapaian indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematik siswa tergolong masih rendah. 

References

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018, September). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2014, No. 1, p. 020013). AIP Publishing.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018, January). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.

Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68-77.

Hidayat, R. (2014). Model Pembelajaran Assureberbantuan Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Concept Matematis Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Pribadi, B. A. (2010). Pemanfaatan metode, media, dan strategi untuk pembelajaran sukses. Teknodik, 14(2), 107-117.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Sari, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Didaktik, 9(1), 10-15.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445-452.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.

Published

2019-11-09