PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION PADA STANDAR KOMPETENSI MENYIAPKAN PRODUK ROTI UNTUK PATISERI
DOI:
https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1413Keywords:
group investigation, patiseriAbstract
Abstrak: pendektan pembelajaran yang berkembang saat ini adalah pendekatan berpusat pada siswa. Pendekatan ini dianggap efektif dalam meningkatkan hasil belajar, pemahaman, dan keaktifan siswa. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMKN 3 Cimahi pendekatan yang digunakan sebagian besar masih menggunakan pendekatan berpusat pada guru sehingga pembelajaran kurang maksimal terutama dalam mengembangkan keatifan siswa. Dalam memecahkan masalah tersebut pada penelitian ini dilaksanakan pembelajaran berpusat pada siswa dengan model group investigation. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X tata boga dengan jumlah 40 siswa. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancaa dan dokumentasi yang kemudian data yang diperoleh di analisis secara kualitatif. Hasil dari peneliian ini model group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan kerjasama siswa pada saat pembelajaran.Kata Kunci: group investigation, patiseri Abstract: the learning approach developed at this time is student-centered learning. This assessment is considered effective in improving student learning outcomes, understanding, and activeness. However, based on the results of observations and interviews at SMK 3 Cimahi, most of them are still using teacher-centered learning so that learning is less than the maximum developed in developing student activity. In solving these problems in this study conducted student-centered learning with a group investigation model. The method used in this study is classroom action research with the subject of research, namely class X students with a total of 40 students. The instruments used in this study were observation, interviews and documentation, and then the data obtained were analyzed qualitatively. The results of this research group investigation model can increase student activity and collaboration during learning.Keywords: group investigation, patiseriReferences
Kunandar. (2007). Guru profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Winaputra, Udin S. (2001). Model pembelajaran inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. Ke-1.
Downloads
Published
2019-11-09
Issue
Section
Artikel