PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBINAAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK NEGERI 1 CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Engkus Kusnadi SMKN 1 Cisarua

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v6i2p%25p.1417

Keywords:

manajemen, pembelajaran, prestasi siswa

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) merupakan suatu cara bagi seorang kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesinya. Penulis  melakukan penelitian di SMK Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat, dengan menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan metode action research  dalam mata pelajaran Pmelakukan pembinaan terhadap guru tentang implementasi manajemen dalam proses pembelajaran di sekolah. Implementasi dari konsep di atas terlihat pada perkembangan kemampuandan aktivitas guru dari tiap siklus yang dilaksanakan. Hal ini tampak pada awal pembelajaran pada siklus I,  khususnya pada tahap eksplorasi, yaitu pemberian pengetahuan kognitif tentang manajemen terhadap guru untuk menunjang proses pembelajaran, kemudian pada siklus II, pendalaman materi dilaksanakan dengan cara pemahaman lebih dalam terhadap konsep-konsep manajemen, dalam hal ini kepala sekolah berperan sebagai falisitator, selanjutnya pada siklus III, kepala sekolah  sebagai pendorong kreativitas guru dengan peningkatan pemahaman pada pelaksanaan praktek dilapangan, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasiaan dalam proses belajar mengajar. Perubahan yang signifikan terlihat dari tahap perencanaan yang awal persiapan mengajar hanya 20 % tetapi pada tahap berikutnya meningkat menjadi 60 % dan di siklus III sampai mencapai 80%.  Pada tahap pelaksanaan juga ada peningkatan dari mulai tahap apersepsi, kemudian penyampaian kegiatan inti dan kegiatan penutup, setelah melalui pembinaan pada siklus I, siklus II dan siklus III, mengalami peningkatan terutama dalam praktek pelaksanaan pembelajaran, dari 40 % dari 5 orang jumlah guru yang mempraktekkan prinsip-prinsip manajemen, menajdi 80 % melaksanakannya. Penelitian ini membuktikan bahwa pembinaan oleh kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru berpengaruh, dan pada akhirnya akan mempengaruhi peningkatan mutu sekolah secara keseluruhan.Kata Kunci: manajemen, pembelajaran, prestasi siswa Abstract: School Action Research (PTS) is a way for a school principal to improve his professional competence. The author conducted research at SMK Negeri 1 Cisarua, West Bandung Regency, using a qualitative approach to the action research method in the subject of conducting coaching to teachers about the implementation of management in the learning process at school. The implementation of the above concept looks at the development of the ability and activities of the teacher from each cycle carried out. This can be seen at the beginning of learning in the first cycle, especially in the exploration stage, namely the provision of cognitive knowledge about management to teachers to support the learning process, then in the second cycle, the deepening of the material is carried out by means of deeper understanding of management concepts, in this case the principal acts as the falisitator, then in cycle III, the principal acts as a teacher's creativity with increased understanding of the practice implementation in the field, starting from the planning, organizing, implementing and evaluating stages in the teaching and learning process. Significant changes were seen from the planning stage where the initial preparation for teaching was only 20% but in the next stage it increased to 60% and in cycle III it reached 80%. At the implementation stage there was also an increase from the start of the apperception stage, then the delivery of core activities and closing activities, after going through coaching in cycle I, cycle II and cycle III, experiencing an increase especially in the practice of learning implementation, from 40% of the 5 number of teachers practicing management principles, become 80% implement them. This research proves that coaching by the principal on improving teacher performance is influential, and in the end it will affect overall school quality improvement.Keywords: management, learning, student achievement

References

Depdiknas. (2007). Permendiknas Republik Indonesia Nomor 13 tahun 200 Tentang Stándar Kepala Sekolah, Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jenab, I. (2019). Supervisi akademik berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi guru pada penyusunan silabus dan RPP. Jurnal ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6 (2) 34-50.

Rahayu, G., & Arga, H. (2019). Influence of VBA-based Monopoly Game in Microsoft Excel as Teaching Material on Primary School Students' Cross-Cultural Competence in Social Studies Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 6(2), 147-159. doi:https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.16935

Published

2019-11-09