PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL PADA TEMA 6 KELAS V SD BOLOAGUNG 02 PATI

Authors

  • Norma Anisah Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.3062

Keywords:

Kata Kunci, Guided Inquiry Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan meningkatan  hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia dan IPS melalui penerapan model guided inquiry based learning berbantuan media permainan kartu soal di kelas V SDN Boloagung 02. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dab refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Boloagung  02 yang terdiri dari 30  siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dan IPS pada ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Pada ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia di peroleh hasil pada siklus I sebesar 74% menjadi 84% pada siklus II sedangkan muatan IPS diperoleh hasil sebesar 75% dan mengalami peningkatan menjadi 86%. Keterampilan guru dalam mengelola kelas menglami peningkatan pada siklus I sebesar 80% menjadi 93% pada siklus II. Kesimpulannya penerapan model Guided Inquiry Based Learning dengan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan IPS sisiwa kelas V SDN Boloagung 02 dan keterampilan mengajar guru.

References

Aceska, N. (2016). NewScience CurriculumBasedon InquiryBased Learning-AModelofModern EducationalSystemin Republicof Macedonia. Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH). 2 (1): 1-12.

Astuti, Y. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2 (1): 88-92.

Hendracipta, N. 2016. “Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiriâ€. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 2(1): 109-116.

Murtono. (2017). Merencanakan dan Mengelola Model-model Pembelajaran Inovatif Student Center Learning. Ponorogo: Wade Group.

Perdana. (2014). Upaya Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Kartu Soal Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(1): 75-79.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup

Tursinawati. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Hakikat Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 1 (2): 1-11.

Wahyudi, dkk. (2013). Penerapan model Inkuiri Terbimbing pada pokok Bahasan Kalor untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(2): 62-65.

Published

2022-12-05