PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risna Febiwanti SDN CIPARE, Bandung Barat
  • Galih Dani Septian Rahayu IKIP Siliwangi
  • Faridillah Fahmi Nurfurqon IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v10i2.4225

Keywords:

Problem Base Learning, Concept Understanding Ability, Social Science

Abstract

The following is the goal of this study: 1) to improve fifth-grade students' comprehension of social studies concepts; ( 2) the challenges of 5th grade primary school understudies in working on their capacity to grasp social examinations ideas; and, thirdly, the challenges teachers face when implementing the research-based problem-based learning model. The study employed a mixed methods and sequential explanatory design. The examination area was completed at SDN Cipare. At SDN Cipare, 30 grade V students participated in the study. Subjects The information were acquired from tests (pretest and posttest), and understudy and instructor interview sheets. From the subjective information acquired, it was shown that there was an expansion in the capacity to comprehend the idea of social tests in understudies with a typical starting score of 46.3 to 80.2. In terms of the qualitative data, the results showed that students had difficulty memorizing and comprehending the material when learning social studies. The results of learning activities based on teacher observation show positive results, despite some challenges, such as the teacher's lack of active class organization.

References

Alwi, Said. 2017. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan 8(2): 145–67. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/.

Ari Yanto, Budi Febriyanto, Riska Fitriani. 2018. “Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Educational Games Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips.” Seminar Nasional Pendidikan Dasar: 88–98.

Bulan, Sri, and Muhammad Nawir. 2022. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jime 8(4): 2629–41.

Fahrudin, Fahrudin, Ansari Ansari, and Ahmad Shofiyuddin Ichsan. 2021. “Pembelajaran Konvensional Dan Kritis Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Hikmah 18(1): 64–80.

Friani, Indah Fajar, Sulaiman, and Mislinawati. 2017. “Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah 2(1): 88–97.

Hartanto, Dwi, Hasan Mahfud, and Sadiman. 2015. “Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.” : 1–6.

Herman, Tatang. 2006. “Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Membangun Pengetahuan Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (2004): 1–10.

Hopeman, Teofilus Ardian, Nur Hidayah, and Winda Arum Anggraeni. 2022. “Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1(3): 141–49.

Keislaman, Kajian. 2016. “Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) DAN Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Negeri I Ciruas – Serang.” : 15–38.

Kresma, Eka Nella. 2014. “Perbandingan Pembelajaran Konvensional Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” RespositoryWidyamandala 8(33): 44.

Magdalena, Rita. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015.” Proceeding Biology Education Conference 13(1): 299–306. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5728.

Mbailo, Theni L et al. 2022. “Accounting : Jurnal Pendidikan Akuntansi.” 2(3): 117–25.

Nurfina, Endah. 2016. “Kesulitan Siswa Dalam Belajar.” Science and Physics Education Journal (SPEJ) 2(1): 1–23.

Okpiani, Seli et al. 2022. “Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 18 Lahat. Analysis Of Understanding Concepts Of Science Cultural Diversity Materials In Class IV Students In Eelementary School 18 Lahat.” Juni 9(1): 57–68.

Putri, Cindy Arianda, Tulianti, and Sadirman. 2017. “Peningkatkan Pemahaman Konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria (449): 94–100. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/11110/0.

Rahayu, Galih Dani Septian. 2017. “Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar.” Mimbar Sekolah Dasar 4(1): 106–16. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar.

Rahmadani, Hanifah, and Arrofa Acesta. 2017. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa.” 2(1): 1–14.

Sundari, Kori, and Septian Andriana. 2018. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas V Sdit An-Nadwah Bekasi.” Pedagogik 6(2): 109–16. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1603/1372.

Syarif, Chuesaery Rusdi, and Hidayatullah. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Konvesional Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Science and Physics Education Journal (SPEJ) 2(1): 11–17.

Sri, Apriliantika Revy, Faridillah Fahmi Nurfurqon, and Deden Herdiana Altaftazani 2022. "Penerapan Pendekatan PAIKEM Pada Siswa Kelas II Untuk Mengukur Pemahaman Siswa Pada Materi Perbandingan Panjang Bneda." Journal of Elementary Education 5(1):139-45

Tyas, Retnaning. 2017. “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Tecnoscienza 2(1): 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26/20.

Warsini, W. 2019. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Kesadaran Sejarah.” Jurnal Artefak: 7–16. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/1105.

Wasonowati, Ratna Rosidah Tri, T. Redjeki, and S. Ariani. 2014. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Kimia 3(3): 66–75.

Xiao, Angeline. 2018. “Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat.” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika 7(2).

Sugiyono. (2012). Penelitian Kombinasi (Mix Method). Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Permatasari, Desy, Ayu, B., Setiawan, Bara, T., & Kristiana, Indah, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma, 6(2), 119-130.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif, Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.

Published

2023-11-25