PENGGUNAAN INSTRUMEN ASESMEN LITERASI BERMUATAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINK AND MATCH PADA MAHASISWA IKIP SILIWANGI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis karakter. Bandung:PT Refika Aditama
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Baginda, M. (2016). Nilai-nilai pendidikan berbasis karakter pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2).
Daulay, N. (2014). Implementasi tes psikologi dalam bidang pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 21(2).
http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.13
Disas, E. P. (2018). Link and match sebagai kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231-242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965
Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi nilai dan moral dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter melalui pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169-5178.
Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.
Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari karakter kemandirian belajar materi aljabar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117-125.
Koesoema, D. (2017). Pendidikan karakter. Jakarta: Penerbit Grasindo.
Kusmana, S. (2017). Pengembangan literasi dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 151-164.
Liestari, S. P., & Muhardis, N. F. N. (2020). Kemampuan Literasi Membaca Siswa Indonesia (Berdasarkan hasil UN dan PISA). Indonesian Journal of Educational Assessment, 3(1), 24-31. https://doi.org/10.26499/ijea.v3i1.53 HA 24-31.
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Buamona, S. A. M. U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi pendidikan karakter terintegrasi kurikulum dan metode pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154-164.
Nazir, M. (2014). Metode penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3). 464-468.
Rifai, A. (2016). Pendidikan karakter dan pendidikan akhlak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 9 (17).
Sari, D. R., & Rosa, B. M. (2021). Asesmen kompetensi minimum dan survei karakter di indonesia serta relevansinya dengan pemikiran ibnu sina. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 35-51.
http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v7i1.10033.
Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York :Macmillan College Publishing Company.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiggins, G. (2011). A true test: Toward more authentic and equitable assessment. Phi Delta Kappan, 92(7), 81-93.
Wulan, A. R. (2012). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. [Materi Kuliah FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia]. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/ FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/ANA_ RATNAWULAN/pengertian_asesmen.pdf
Yahya, M., Vitalocca, D., & Abdal, N. M. (2021). Link and match kurikulum SMK bidang TIK dengan dudika di Sulawesi Selatan. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Zulfahita, Z., Husna, N., & Mulyani, S. (2020). Kemampuan literasi dan kepercayaan diri siswa smp berdasarkan akreditasi sekolah swasta dan negeri di kota singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 407-421.
DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p215-228
Article Metrics
Abstract view : 185 timesPDF - 183 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.