STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI METODE DARING DAN LURING PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43-48.
Aljaraideh, Y. (2019). Massive Open Online Learning (MOOC) benefits and challenges: A case study in Jordanian context. International Journal of Instruction, 12 (4), 65-78.
Argaheni, N.B. (2020). Sistematik review: dampak perkuliahan daring saat pandemi covid-19 terhadap mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8 (2), 99-108.
Assidiqi, M. H. dan Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.
Cahyawati, D. dan Gunarto, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19: hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran, dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150-161.
Darmawan, D. (2014). Inovasi pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Fitriyah, I., Masitoh, F., dan Widiati, U. (2022). Classroom-based language assessment literacy and professional development need between novice and experienced EFL teachers. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 12(1), 124-134.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Iskandar, Masthura, S., dan Oktaviyana, C. (2020). Penerapan sistem pembelajaran daring pada mahasiswa keperawatan universitas abulyatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4 (2), 323-332.
Kemristekdikti Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Ristekdikti.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Jurnal Indonesia Language Education and Literatur. 3, (1), 99-110.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.
Musu, W., Simpen, W., & Samsie, I. (2021). Identifikasi pola pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 menggunakan teknik data mining. Jurnal Pekommas, 6(3), 11-19.
Nastiti, R. & Hayati, N. (2020). Pembelajaran daring pada pendidikan tinggi: tantangan bagi mahasiswa dan dosen di tengah pandemi. Inobis Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. 3(3), 378-390.
Nugroho, S. A, Wati, A. F., dan Dianastiti, F.E. (2020). Kendala dan solusi pembelajaran di perguruan tinggi. Jurnal Jalabahasa, 16(2), 196-205.
Sanjaya, W. (2012). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia.
Sa’ud, U, S. (2014). Inovasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Setiono, S. (2021). Analisis respon mahasiswa dalam pembelajaran online berbasis aktifitas di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan, 9(2), 15-23.
Wati, D. E., Purnomo, E., & Darsono, D. (2013). Analisis komparatif pembelajaran probing prompting dan examples non examples terhadap hasil belajar. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 1(5).
DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p245-256
Article Metrics
Abstract view : 405 timesPDF - 400 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.