PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p67%20-%2082Abstract
Keterampilan menulis pada hakikatnya ditentukan melalui sebuah proses,
proses berkesinambungan penguasaan keterampilan berbahasa. Menyimak, berbicara,
dan membaca adalah faktor penunjang dalam menguasai pengalaman keterampilan
menulis yang teraplikasikan dalam bentuk tulisan. Menulis secara aktif turut
melibatkan beberapa unsur, yaitu: penulis sebagai penyampaian pesan, isi tulisan,
saluran atau media, dan pembaca. Hasil tulisan bisa dalam bentuk karangan ilmiah
dan nonilmiah. Penulis menelaah karangan ilmiah yang dispesifikasikan ke dalam
karangan argumentasi guna menuntut peserta didik terampil dalam mengelola
informasi berdasarkan fakta, mampu memiliki argumen, dan berpikir kritis terhadap
fenomena yang ada. Karangan argumentasi bertujuan membuktikan kebenaran suatu
pendapat/kesimpulan dengan data/fakta sebagai alasan/bukti. Pengarang
mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Karangan sebagai media
penyampaian bahasa tulisan yang menuntut peserta didik mampu berkomunikasi perlu
dibina secara sungguh-sungguh. Keterampilan dan kemampuan menulis ini harus
ditumbuhkan secara terencana. Bentuk aplikasi tersebut yaitu melalui pemanfaatan
media pembelajaran berbasis iMindMap. iMindMap merupakan perangkat lunak
(software) dari model pembelajaran Mind Map (peta pikiran) yang membantu
mempersiapkan peserta didik agar mampu memahami secara komprehensif dengan
cara yang menyenangkan. Memanfaatkan potensi alamiah otak peserta didik yang
tidak senang menghafal atau pun terbentur dengan ide/gagasan. iMindMap dikemas
dalam bentuk software atau program sehingga lebih dapat memberdayakan
kecerdasan ilmu pengetahuan khususnya pengembangan keterampilan menulis.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis. Wacana Argumentasi, iMindMap