TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN

Penulis

  • Mekar Ismayani STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v2i1.p42%20-%2051

Abstrak

Penelitian ini berjudul "Teknik Bermain Peran dalam Pembelajaran ApresiasiCerpen†Studi Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IX SMA. Penelitian inibertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa dalam memahami unsur-unsurintrinsik cerpen sebelum menggunakan teknik bermain peran; 2) mengetahui hasilbelajar siswa dalam memahami unsur-unsur intrinsik cerpen sesudah menggunakanteknik bermain peran; 3) mengetahui perbedaan yang signifikan dalam pembelajaranapresiasi cerpen sebelum dan sesudah menggunakan teknik bermain peran. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi yangmengujicobakan teknik bermain peran dengan sampel penelitian berjumlah 44 orangsiswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan.Adapun instrumen yang digunakan adalah hasil apresiasi cerpen melalui prates danpascates. Berdasarkan hasil pengolahan dan perhitungan data prates dan pascatesdiketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 12,727 atau 28,93 %. Padaprates diperoleh nilai dengan rata-rata 75 sedangkan pada pascates diperoleh nilairata-rata sebesar 87,727 maka hipotesis penelitian yang berbunyi "Terdapatperbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran apresiasicerpen sebelum dan sesudah menggunakan teknik bermain peran" terbuktikebenarannya. Kenyataan ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan t-scoremencapai 13, 744. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 13,744 > 2,00. Dengan kata lain hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis Nol (Ho) ditolak.Kata Kunci: teknik bermain peran, pembelajaran apresiasi cerpen 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-08-17