PELAKSANAAN PROGRAM BILINGUAL (INDONESIA-INGGRIS) UNTUK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PIONNER MONTESSORI SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p15-22.1269Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan Program Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk anak di Taman Kanak-kanak Pionner Montessori School Padang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang peneliti lakukan ialah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik untuk pengabsahan data yang peneliti gunakan ialah uji kredibilitas data yang dilakukan dengan teknik triangulasi. Dapat peneliti kemukakan hasil penelitian ini secara umum diketahui bahwa Pelaksanaan Program Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk anak di Taman Kanak-kanak Pionner Montessori School Padang telah dilakukan dengan baik dan telah disesuaikan dengan langkah pembelajaran yang sistematis dan berkesinambungan terlihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pengenalan Bahasa Inggris, Bilingual.References
Dahlia, S, H dan Nurul, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak dengan Menggunakan Metode Total Physical Response Pada Kelompok B di TKIT Baitul Iman Semarang didownload pada file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/Documents/585-133-2427-1-10-20180311.pdf
Eliza, D. (2013). Penerapan model pembelajaran kontekstual learning (CTL) berbasis centra di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan volume XIII No.2 November 2013 hal 93
Gusnita, dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Menganl Huruf Anak Usia Dini Melallui Alphabet Book Di Taman Kanak-Kanak. Joernal Of Family, Adult, And Early Childhood Education volume 1 nomor 1 Februari 2019 hal 87
Harisma,R.dkk. (2018). Pengajaran Anak Usia Dini Melalui Buku Flanel Terintegrasi Dalam Bahasa Inggris didownload pada https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasatra/article/viewFile/2731/1756
Jazuly, A.(2014). Pendidikan bahasa inggris pada anak usia dini. didownload pada file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/ Documents/umj-1xahmadjazul1903-1-4.ahmad-y.pdf
Latif, M, dkk. (2014). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana
Moleong, L, J. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung. Remadja Rosdakarya
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya
Muryanti, E.(2011). Analisa Kesalahan Mahasiswa PGPAUD dalam Bahasa Inggris dalam file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/ Documents/4236-13091-1-SM.pdfkegiatan Peer teaching. Pedagogi. Vol XI No 2. November 2011.
Pransiska, R (2017). Benefits of Bilingualism in Early Childhood: A Booster of Teaching
English to Young Learners. (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/).
Rasyid, H dan Faqihatuddiniyah.( 2017). Persepsi orang tua dan guru mengenai Bahasa Inggris pada anak usia dini di tk aba karangmalang Yogyakarta. Didownload pada file:///C:/Users/Paytive/Downloads/ Documents/Print/Persepsi_Orang_Tua_dan_Guru_Mengenai_Bahasa_Inggri.pdf
Rusnalasari, Z, D. dkk. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Didownload pada http://infestasi.trunojoyo.ac.id/ pgpaudtrunojoyo/article/download/3575/2634
Sanjaya, W. (2012). Perencanan dan desain system pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sophya, I, V. (2013). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: PT Kencana Group
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara
Tyaningsih, A, R. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama. file:///C:/Users/Pay-tive/Downloads/Documents/57-105-1-SM.pdf