STUDI KEMAMPUAN MENGAJAR PEER TEACHING MAHASISWA SEMESTER V PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU PAUD TAHUN AJARAN 2018/2019 FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

Authors

  • muhammad nasirun UNIVERSITAS BENGKULU
  • Yulidesni Yulidesni UNIVERSITAS BENGKULU
  • MELIA EKA DARYATI UNIVERSITAS BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p73-83.1474

Abstract

Permasalahan penelitian untuk mengetahui bagaimana studi kemampuan mengajar peer teaching mahasiswa semester V Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD tahun ajaran 2018/2019 FKIP Universitas Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran studi kemampuan mengajar dalam peer teaching mahasiswa semester V Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD tahun ajaran 2018/2019 FKIP Universitas Bengkulu. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 75 sampel menggunakan sampel total keseluruhan jumlah populasi yang kurang dari seratus. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi pada pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengajar peer teaching mahasiswa semester V di Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD Tahun Ajaran 2018/2019 FKIP Universitas Bengkulu yakni kriteria cukup dengan rata-rata (3,195). Berdasarkan kesimpulan penelitian tersebut direkomendasikan (1) Perlu peningkatkan pemahaman mengenai konsep dan teori pendekatan pembelajaran dan diperlukan adanya latihan yang cukup dalam praktik mengajar, (2) Perlu latihan dalam penguasaan keterampilan mengajar, (3) Perlu adanya penelitian lanjutan mengenai pelaksanaan pendekatan pembelajaran dan pelaksanaan keterampilan mengajar bagi mahasiswa agar terbentuk kompetensi yang dipersyaratkan sebagai calon guru.Kata kunci: Kemampuan Mengajar, Peer Teaching, Pembelajaran

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi (Revisii VI). Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Departemen Pendidikan Nasional; Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah; (2006); Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Center and Circle Time (BCCT) (Pendekatan Sentra dan Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta

Djamarah, Syaiful Bahri; (2005); Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif; Rineka Cipta; Jakarta.

Halimah, Leli (2017) Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Guru Yang Excellent di Abad ke-21, P.T. Refika Aditama, Bandung.

Mudjiono, Dimyati. 2013. Belajar &Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta

Waluyanti, Sri. 2009. Meningkatkan Kompetensi Pedagogi dan Vokasional melalui Metode Peer Teaching dan Kooperatif Jigsaw pada Mata Kuliah Sistem Video. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-10-31