KARAKTERISTIK HURUF HIJAIYAH SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BACA TULIS AWAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Anita Afrianingsih PG PAUD Unisu Jepara
  • Aprilia Riyana Putri PBI Unisu Jepara
  • M Misbahul Munir PGSD Unisu Jepara

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p111-119.1568

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, untuk mendiskripsikan karakteristik huruf hijaiyah sebagai sarana pembelajaran baca tulis awal anak usia dini 4-6 tahun. Kelengkapan data yang digunakan dalam riset ini yaitu metode kualitatif. Hasil dari riset ini: (1) huruf hijaiyah memang terbukti sangat tepat dijadikan sebagai fondasi dasar dalam pengenalan konsep baca anak usia dini, yang telah dilakukan di TK Ancab Mlonggo oleh anak-anak pada usia 4-6 tahun; dan (2) Kegiatan pembelajaran berbasis pengenalan membaca dimulai dengan mengaji iqro; kemudian dilanjutkan dengan menulis latin pada buku tulis, mengenai apa yang telah dilafalkan dan kegiatan pengenalan membaca melalui huruf hijaiyah ini memang sangat membantu memudahkan anak ketika ingin belajar huruf abjad dari A-Z karena ada kesamaan pelafalan dalam pengucapan-pengucapan baik huruf vokal, konsonan dan rangkain huruf demi huruf sehinga tersusunlah menjadi sebuah satu kalimat. Belajar huruf hijaiyah juga sangat mudah diterapkan pada keseharian anak melalui metode bernyayi dan permainan. Pendidik dan orangtua juga mampu menerapkannya dalam sehari-hari seperti memperlihatkan film kartun upin dan ipin pada waktu seri yang huruf hijaiyah sambil bernyanyi.Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Pembelajaran Baca Tulis Awal dan Anak Usia Dini.

References

Aisyah, Siti. (2001). Dalam seminar “Pembaharuan Pendidikan di Universitas Terbukaâ€. Dan diakses dari, http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0110/23/DIKBUD/pros09.htm.

Dahlia, M.Syukri, Marmawi.R. (2013). “Penerapan Metode Iqro’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Cahaya.†Jurnal pendidikan dan Pembelajaran, vol.3 no.2 (2013), h. 1-11

Formen, Ali. (2009). Makalah â€Pembelajaran selaras Perkembanganâ€. Semarang.

K. Hitti, Philip. (2005). History Of The Arab. Jakarta: Serambi.

Hayati, Nufus. (2015). “Model Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini,†Jurnal Studi Islam Vol 5, No.1 (2015).

Holdaway, dkk. (2009). Benih-benih munculnya kemampuan baca tulis. Diakses dari, http://www.elearning-jogja.org/login/index.php.

Isnaini, Tyas Suci. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Di Kelompok A Tk Islam Orbit I Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Imroatun. (2017). Pembelajaran Huruf Hijaiyah bagi Anak Usia Dini. UIN Sulatan Maulana Hasanuddin Banten. Volume 2, August 2017 (175-188).

Istiqhfarin, Aquarista Febry. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Huruf Hijaiyah Melalui Metode Al-Jadid Pada Anak Kelompok Bermain PAUD Aisyiyah Iii Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Jamaris, Martini. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : PT Grasindo.

Jindrick, Susan. (2005). How to Help Children Learn. Jogjakarta. Diglossia Media Group.

Muhsin, Riyadi. (2014). “Strategi Mengajar Bahasa Arab Inovatif Di Tamankanak-Kanak.†El-Ibtikar Volume 03, nomor 02,Desember 2014, h. 114-139.

Mustofa, Fahim. (2015). Agar Anak Gemar Membaca. Jakarta : Gramedia.

Downloads

Published

2019-10-31