Pengamatan Asesmen Anak Usia Dini Tk Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela Lombok Timur Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v8i2p52-70.2160Abstract
AbstractAssessment in learning is a formal process or effort to collect information related to important learning variables as material in teacher decision-making to improve the learning process and student learning outcomes. Efforts that can be made to improve the quality of education can be seen from the quality of learning and the assessment system, because the quality of learning can be seen from the results of the assessment. This research was conducted to find out how learning and assessment during the COVID-19 pandemic at the Al-Qudsiyyah Pringgasela Islamic Kindergarten. This type of research uses descriptive qualitative research. Data collection techniques using observation, interviews, and document study. As for the results of this study, the learning process as usual with the COVID-19 pandemic has the same assessment but the pandemic period has less time, where initially doing BDR learning (Learning from Home) was replaced with face-to-face learning with 2x a week meetings, namely group A entered on Monday - Tuesday and group B on Wednesday - Thursday, so they don't have much assessment of students.Keywords: Assessment, Early Childhood, COVID-19AbstrakAsesmen dalam pembelajaran merupakan suatu proses atau upaya formal pengumpulan informasi yang berkaitan dengan variabel-variabel penting pembelajaran sebagai bahan dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan bisa dilihat dari kualitas pembelajaran dan sistem penilaiannya, sebab kualitas pembelajaran dapat ditinjau dari hasil penilaiannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dan asesmen selama pandemi COVID-19 di TK Islam Al-Qudsiyyah Pringgasela. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Adapun hasil penelitian ini yaitu proses pembelajaran seperti biasa dengan masa pandemi COVID-19 memiliki penilaian yang sama tetapi masa pandemi lebih memiliki waktu yang sedikit, dimana awalnya melakukan pembelajaran BDR (Belajar Dari Rumah) diganti menjadi belajar tatap muka dengan pertemuan 2x seminggu yakni kelompok A masuk pada hari Senin – Selasa dan kelompok B pada hari Rabu – Kamis, sehingga tidak memiliki banyak penilaian terhadap peserta didik.Kata Kunci: Asesmen, Anak Usia Dini, COVID-19References
Aini, Y. I. (2021). PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU. Jurnal Teknodik, 25(1), 81–93. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dwi Arumsari, Andini dan Mayangsari Putri, Vina. (2020). “Asesmen Perkembangan Anak Usia Diniâ€. Jurnal Motoric (Media of Teaching Oriented and Children), Vol. 4, No. 1, https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/1039, diakses 17 November 2020.
Hazmi, Nahdatul. (2019). “Tugas Guru dalam Proses Pembelajaranâ€. Journal of Education and Instruction (JOEAI), Vol. 2, No. 1, https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/734, diakses 17 November 2020.
Kemenag. (2016). Petunjuk Teknis Penilaian Pembelajaran Siswa Raudhatul Athfal. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Mundia Sari, Kiki dan Setiawan, Heru. (2020). “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Diniâ€. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 2, https://obsesi.or.id/ index.php/obsesi/article/view/478, diakses 17 November 2020.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/1364 6 diakses pada 23 Agustus 2020.
Primanisa, Reiska dan Zahriani, Nurul. (2020). “Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK)â€. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), Vol. 3, No. 1, https://core.ac.uk/download/pdf/304914770.pdf, diakses 17 November 2021.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Setiawan, Eko. (2018). Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Jakarta: Erlangga.
Syafi’i, I., & Qomariyah, N. (2021). Strategi Pelaporan Penilaian Pembelajaran Dalam Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Ma’ruf Beyan. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.57-65
Yeni Lestari, N. G. A. M., Jalal, F., & Supena, A. (2022). Hambatan dan Strategi Guru Pratama Widya Pasraman Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 108–118. https://doi.org/10.33369/jip.7.2.108-118
Yuliani, Wiwin. (2018). “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konselingâ€. Quanta, STKIP Siliwangi Journals, Vol. 2, No. 2, http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/ index.php/quanta/article/view/1641, diakses 17 November 2020.
Zahro, Ifat Fatimah. PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 92-111, nov. 2015. ISSN 2581-0413.