Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dirancang untuk mengetahui apakah PjBL dapat mempengaruhi kemampuan literasi pada usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 anak , 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,010 < 0,05 H1 diterima dan H0ditolak artinya kemampuan literasi pada kelas eksperimen jauh lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun.References
Adriyawati, Utomo, E., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2020). Steam-project-based learning integration to
improve elementary school students’ scientific literacy on alternative energy learning. Universal Journal
of Educational Research, 8(5), 1863–1873. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080523
Anindya, F. A. U. (2019). Pengaruh Model Pjbl-Steam Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Terhadap
Keterampilan Memecahkan Masalah Dan Komunikasi Siswa. Universitas Negeri Semarang.
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar
Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673
Fitriyah, Q. F., Salpina, & Paramitasari, R. D. (2022). Pengembangan Kurikulum Berbasis Life Skill di TK
Ceria Demangan Yogyakarta. 8(1), 25–32.
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah
Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di
Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan
Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Hoff, E. (2009). Language Development (4th ed.). Wadsworth, Cengage Learning.
Izzania, R. D. S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Steam
Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran
Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.15914
Kemdikbud, P. (2017). Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP).
https://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/%0D
Mullis, I. V & Martin, M. O. (2017). PIRLS 2016 International Results in Reading. Chestnut Hill, MA 02467
United States: TIMSS & PIRLS International Study Center. Boston College.
Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak.
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93.
https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4418
Ningrum, W. R., & Abdullah, S. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Anak
Usia Dini Melalui Aplikasi “Y.†Proceeding Universitas Muhammadyah Surabaya, 390–402.
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7893
Ningsih. (2018). Aplikasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Foundasia, 9(1),
–54. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26159
OECD. (2018). Indonesia-Country Note – Results from PISA 2015. 8. www.oecd.org/pisa
Purnamasari, B. N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan
Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.
Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca
Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Atfhal, 4(1), 78–89.
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan
Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–
https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovativ: Teori dan Implementasi (1st ed.).
Rajawali Printing