Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Rusmayadi Rusmayadi (1)
Muhammad Akil Musi (2)
Sitti Nurhidayah Ilyas (3)
Nur Chafidah (4*)


(1) PGPAUD, Universitas Negeri Makassar
(2) PGPAUD, Universitas Negeri Makassar
(3) PGPAUD, Universitas Negeri Makassar
(4) PGPAUD, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dirancang untuk mengetahui apakah PjBL dapat mempengaruhi kemampuan literasi pada usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 anak , 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non-parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,010 < 0,05 H1 diterima dan H0ditolak artinya kemampuan literasi pada kelas eksperimen jauh lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan PjBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun.


References


Adriyawati, Utomo, E., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2020). Steam-project-based learning integration to

improve elementary school students’ scientific literacy on alternative energy learning. Universal Journal

of Educational Research, 8(5), 1863–1873. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080523

Anindya, F. A. U. (2019). Pengaruh Model Pjbl-Steam Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Terhadap

Keterampilan Memecahkan Masalah Dan Komunikasi Siswa. Universitas Negeri Semarang.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar

Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fitriyah, Q. F., Salpina, & Paramitasari, R. D. (2022). Pengembangan Kurikulum Berbasis Life Skill di TK

Ceria Demangan Yogyakarta. 8(1), 25–32.

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah

Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di

Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan

Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430

Hoff, E. (2009). Language Development (4th ed.). Wadsworth, Cengage Learning.

Izzania, R. D. S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Steam

Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran

Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.15914

Kemdikbud, P. (2017). Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP).

https://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/%0D

Mullis, I. V & Martin, M. O. (2017). PIRLS 2016 International Results in Reading. Chestnut Hill, MA 02467

United States: TIMSS & PIRLS International Study Center. Boston College.

Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak.

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93.

https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4418

Ningrum, W. R., & Abdullah, S. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Anak

Usia Dini Melalui Aplikasi “Y.” Proceeding Universitas Muhammadyah Surabaya, 390–402.

http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7893

Ningsih. (2018). Aplikasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Foundasia, 9(1),

–54. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26159

OECD. (2018). Indonesia-Country Note – Results from PISA 2015. 8. www.oecd.org/pisa

Purnamasari, B. N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan

Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca

Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Atfhal, 4(1), 78–89.

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan

Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–

https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28

Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovativ: Teori dan Implementasi (1st ed.).

Rajawali Printing




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rusmayadi Rusmayadi, Muhammad Akil Musi, Sitti Nurhidayah Ilyas, Nur Chafidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.