IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI TK AISYIYAH CABANG KARTASURA

Authors

  • Latifah Permatasari Fajrin STIT Madina Sragen
  • Noor Alwiyah Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3387

Abstract

PermasalaPermasalahan dalam penelitian ini adalah kecerdasan naturalis pada anak usia dini masih belum dimaksimalkan di sekolah.Penelitian ini bertujuan mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak usia dini. Deskriptif kualitatif adalah jenis penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Cabang Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Survei dilakukan bulan Januari hingga Maret tahun 2019. Subjek penelitian guru kelas dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengembangan kecerdasan naturalis anak usia dini dilaksanakan melalui perencanaan yang dilakukan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran harian setiap hari, pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tiga macam strategi yaitu belajar melalui alam, menggunakan tumbuhan sebagai media, dan mengamati lingkungan, evaluasi pembelajaran dilaksanakan setiap hari melalui penilaian harian dan penilaian hasil karya.

References

Angra Gumitri, D. S. (2022). Stimulasi Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Life

Science. Jurnal Obsesi, 3391-3398. DOI:10.31004/obsesi.v6i4.2334

Armstrong, T. (2013). Kecerdasan Multiple Di Dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Dwi Afita Yuyun, L. H. (2016). Pengaruh Penggunaan Contextual Teaching And Learning Terhadap

Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B Di Ra Muslimat Nu 139 Candi Sidoarjo. Forum Penelitian,

-6.

Fajrin, L. P. (2020). Pendidikan Lingkungan Hidup di Raudhatul Athfal. Jurnal Tunas Siliwangi, 71-77. DOI

: 10.22460/ts.v6i2p71-77.2080

Helminsyah, R. (2017). Analisis Kecerdasan Naturalis Dalam Pembelajaran Sub Tema Bermain Di

Lingkungan Rumah Pada Siswa Kelas II SD Negeri 19 Rukoh Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 99-

Jamaris, M. (2014). Pengembangan Instrumen Baku Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. Parameter: Jurnal

Pendidikan, 123-137. DOI:https://doi.org/10.21009/parameter.252.08

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muri, Y. (2014). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. . Jakarta: Prenademedia

Group.

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang: Universitas Terbuka.

Sanjaya., W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Selfa Maryanti, N. K. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing

Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 22-31.

https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Subar Junanto, K. (2015). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Islam. Prosiding Halaqah

Nasional dan Seminar Pendidikan Islam (pp. 121-135). Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UIN Sunan Ampel Surabaya.

Subar Junanto, N. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input,

Process, and Product (CIPP) . INKLUSI: Journal of Disability Studies , 179-194.

https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Subar Junanto, T. U. (2019). Evaluation Model of Expertise Practice Programs for Early Childhood Educator

Teachers . Jurnal Pendidikan Usia Dini , 128-142. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.10

Sujiono. (2009). Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: PT.

Grasindo.

Suprapti, I. M. ( 2013). Model-Model Pembelajaran Komunikatif dan Inovatif. Surakarta: Fataba Press.

Sutina Milin, F. H. (2014). Peningkatan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pembina.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6067

Wiyani, B. d. (2014). Format PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, N. A. (2016). KonsepDasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group

Published

2023-04-01