MODEL BIMBINGAN MELALUI KEGIATAN MELUKIS DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3433Abstract
Pasca pandemic covid-19 kreativitas anak usia dini menjadi menurun, diperlukan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia dini menggunakan model bimbingan melalui kegiatan melukis. Penelitian ini menggunakan model bimbingan dalam pengembangan kreatifitas anak usia dini yaitu dengan menggunakan kegiatan melukis dengan media bahan alam.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan guru  Kober Anggrek Desa Seda Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan. Teknik  pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkkan model bimbingan yang dilakukan dengan kegiatan melukis dengan media bahan alam dapat mengembangkan kreativitas pada anak usia dini. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model bimbingan yang dilakukan dengan baik dapat membantu terhadap perkembangan kreativitas pada anak usia dini.References
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Atira, Nurhidayah Ilyas, S., & Rusmayadi, R. (2021). Pengaruh Kegiatan Melukis Menggunakan Bahan Bekas terhadap Peningkatan Kreativitaas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 213–221. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1316
Eka Riyana, E. P. dan M. E. W. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play Berbasis Pendekatan BCCT untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa PAUD. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 93–99.
Kurniati, E., Lestari., Febiyanti, N. (2021). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Bermain (BKBB) dan Nilai Karakter Anak: Perspektif Guru Taman Kanak-Kanak di Indonesia. JURNAL PASCA DHARMA PENGABDIAN, 2(2), 77–84.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Haerani, E. (2018). KEGIATAN MELUKIS DENGAN KUAS ( Penelitian Tindakan pada Usia 5-6 di TKIT Babunnajah Pandeglang ). 4(2), 214–224.
Hamidah, S., & Rizal Saiful, M. (2021). Pengaruh Kegiatan Melukis Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Pra Sekolah 4-6 Tahun. IJMT : Indonesian Journal of Midwifery Today, 1(1), 41–48. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/ijmt/article/view/3327
Holis, A. (2007). Peranan Keluarga/Orang Tua dan Sekolah dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1(1), 22–43.
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Mutiyem, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melukis dengan Berbagai Media pada Kelompok A TK Mardisiwi II Tuksongo. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 143–150. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i2.9872
Nuryati, N., Susilawati, W. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Di Kober Binangkit Desa Cileuleuy Cigugur Kuningan. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) ISSN : 2614-6347 (Print) 2614-4107 (Online), 6(3), 325–337.
Nur Halimah. (2016). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia. 1(1), 123–130.
Setiana, Darmayanti, I. C. D. (2021). Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Penanaman Karakter Jiwa Pancasila Melalui Layanan Pembiasaan. Jurnal Education and Development, 9(4), 548–554. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3226
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, A. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group.
Widiyanto & Tri Endang Jatmikowati. (2020). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan melukis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2.
Yulianti, T. R. (2014). Peranan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini (Studi kasus pada pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah). E-Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id, 4(1), 11–24. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/569