PENGARUH MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK

Authors

  • sri indriani harianja Universitas Jambi
  • winda sherly utami Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3536

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar mahasiswa pada pata kuliah Pengembangan Kecerdasan Majemuk melalui modul. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar masih menggunakan power point, pemanfaatan modul belum terlihat sehingga memiliki dampak terhadap materi yang tertinggal dan hasil belajar yang kurang maksimal. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain none quivalent control group design. Sumber penelitian berjumlah 60 mahasiswa yang terdiri dari dua kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan menggunakan desain nonequivalent groups prestes dan posttest. Instrumen dirumuskan berdasarkan hasil belajar mahasiswa yang terdiri dari enam butir. Analisis data yang digunakan menggunakan uji T independent berbantuan IBM SPSS 21. Teknik sampling yang digunakan adalah proposive sampling. Sampel yang ditetapkan dua kelas, yaitu kelas R-002 dengan jumlah mahasiswa 30 sebagai kelompok eksperimen dan kelas R-003 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah mahasiswa 30.  Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar mahasiswa sesudah penerapan modul.

References

Amdayani, S., Dalimunthe, M., Nasution, H. A., & Medan, U. N. (2022). School Education Journal Pgsd Fip Unimed Pengaruh Modul Termokimia Berbasis Stem Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Kimia. Sej (School Education Journal), 12(2). https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v12i2.34343

Angranti, W. (2016). Problematika Kesulitan Belajar Siswa (Studi Kasus Di Smp Negeri 5 Tenggarong) A Problematic Learning Disable Student (A Case Study in Junior High School 5).

Artika, M., Mapet, W., Gede, I., Darmawiguna, M., Made, I., & Sunarya, G. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Praktikum KKPI dengan Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Kelas X Multimedia SMK N 1 Sawan) (Vol. 2, Issue 5).

Arviana, A., Antosa ---, Z., Belajar Matematika, H., & Antosa, Z. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ivb Sd Negeri 147 Pekanbaru. Prossiding Seminar Nasional PGSD Present IV, 28–35. https://doi.org/10.33578/psn.v1i1.XXXX

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatmi, N., Siska, D., & Nadia, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa (Vol. 4, Issue 2). http://ojs.unimal.ac.id/index.php/relativitas/

Hardianto, D. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang.

Jihad, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Lestari. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Akademia Permata 1.

Linda, R., Herdini, H., S, I. S., & Putra, T. P. (2018). Interactive E-Module Development through Chemistry Magazine on Kvisoft Flipbook Maker Application for Chemistry Learning in Second Semester at Second Grade Senior High School. Journal of Science Learning, 2(1), 21. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i1.12933

Manurung, H. M. (2021). Pengaruh Modul Kimia Umum Berbasis Problem Based Learning(Pbl) Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Materi Stoikiometri (Vol. 12, Issue 1).

Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. PT Remaja Rosdakarya.

Negara, R. M. , S. A. , & Y. Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Smk 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 64–70.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Tersedia secara online EISSN: 2502-471X Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Ningsih, K., & Marlina Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, R. (2014). Pengaruh Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Sma Negeri 9 Pontianak.

Ningtyas, E. S. , & W. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media komik Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 66–74.

Prastowo Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sahana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Santoso, Singgih. (2014). Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujiono & Sujiono. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Suryabrata, S. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Widodo dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Published

2023-04-01