Pengaruh Series Animasi Nussa Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Kota Padang

Authors

  • Akhirani Harahap Uiversitas Negeri Padang
  • Nurhafizah Nurhafizah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3820

Abstract

Keterampilan berbicara sangatlah penting untuk di stimulasi sejak dini sama halnya dengan perkembangan bahasa, melalui berbicara anak dapat berintraksi dengan lingkugannya serta anak juga dapat menyampaikan isi hati dan fikirannya dengan baik. Dengan menonton series animasi Nussa dapat megembangkan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh series animasi Nussa akan keterampilan berbicara anak pada Taman Kanak-Kanak fadhilah amal 3 kota padang. Pada penelitian ini diambil 20 anak yang menjadi objek penelitian, 10 orang anak untuk kelas kontrol dan 10 orang anak lagi untuk kelas eksperimen. Penelitian ini memakai metode penelitian quasi eksperimen dimana terdapat pre-test dan post-test group control. Teknik dalam mengumpulkan data yang dipakai pada penelitian ini berupa tes dan observasi. Proses uji hipotesis memakai teknik statistic T-test melalui bantuan SPSS 19.0 for windows. Berdasarkan nilai signifikansi (sig) 0,793 > 0,05. Kemudian diraih nilai sig (2-tailed) adalah  0,044 < 0,05.Kata kunci: Keterampilan Berbicara: Series animasi, Nussa Taman kanak-kanak

References

DAFTAR PUSTAKA

Aprinawati ( 2017) Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemapuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Mulyasa,H.E.2012. manejemen paud. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Manfaat pendidikan anak usia dini.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah†sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164171. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093

Sugiyono. 2017. Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Suryana, Dadan. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Jakarta:Kencana.

Suryana, Nelti. (2019) Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.

Susanto, ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya.: Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto.(2017). Pendidikan Anak Usia Dini (konsep dan teori). Jakarta:PT Bandung Bumi Aksara

Susanto , ahmad. (2017) Pendidikan Anak Usia Dini konsep dan teori.jakarta: PT Bumi aksara.

Published

2023-04-26