Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa di Salah Satu SMP Negeri di Jakarta

Penulis

  • Mariana Damayanti UNIVERSITAS ESA UNGGUL
  • Irma Savitri Sadikin Universitas Esa Unggul

Kata Kunci:

external factor, internal factor, learning English, Students' interest

Abstrak

Tingkat keberhasilan siswa di sekolah sangat dipengaruhi oleh seberapa besar mereka menikmati belajar. Motivasi untuk belajar bahasa Inggris berbeda-beda di antara para siswa. Sebuah pendekatan metode campuran, baik kuantitatif maupun kualitatif, digunakan untuk mendeskripsikan beberapa faktor dan faktor dominan yang mempengaruhi minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Siswa kelas delapan di salah satu Sekolah Menengah Pertama negeri di Jakarta, yang melibatkan 279 peserta, disurvei dan diwawancarai untuk mengumpulkan data. Sebanyak 56 orang, atau 20% dari populasi, dipilih. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal, yang terdiri dari aspek fisik dan non-fisik seperti perhatian, kesiapan, dan kecerdasan dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, faktor eksternal dari luar individu, seperti keluarga dan sekolah-yang meliputi guru dan fasilitas-dan teman sebaya berkontribusi terhadap minat belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal menunjukkan angka 68,93%, sedangkan faktor eksternal menunjukkan angka 59,34%. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor internal memiliki respon yang positif. Oleh karena itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal lebih tinggi daripada faktor eksternal dalam mempengaruhi minat belajar bahasa Inggris siswa. Faktor internal yang paling mempengaruhi adalah faktor psikologis, yaitu intelegensi, kesiapan, dan perhatian, daripada faktor fisik.  

Referensi

Ahmad, C. N. C., & Amirul, N. J. (2017). The effect of the physical learning environment on students’ health, enjoyment and learning. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 7(1), 47-55.

Amjah, D. Y. P. H. (2014). A study of teachers’ strategies so develop students’ interest towards learning English as a second language. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 134, 188-192.

Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel (Kediri: IAIT Press, 2009), 29.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Boroujeni, S. A., & Fard, F. M. (2013). A Needs Analysis of English for Specific Purposes (ESP) Course for Adoption of Communicative Language Teaching: (A Case of Iranian First-Year Students of Educational Administration). International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(6), 35–44.

Cheung, D. (2018). The key factors affecting students’ individual interest in school science lessons. International Journal of Science Education, 40(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1362711

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage publications

Deliza, A., & Sadikin, I. S. (2023). Utilizing Orai Application to Enhance Students’english Speaking Performance. PROJECT (Professional Journal of English Education), 6(2), 329-337.

Getie, A. S. (2020). Factors affecting the attitudes of students towards learning English as a foreign language. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1738184

Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis minat belajar siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20-25.

Hidayat, S., & Asroi, M. P. S. (2013). Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Ilyosovna, N. A. (2020). The Importance of “English” Language in Today’s World. International Journal on Orange Technologies (IJOT), 2(1), 22. https://doi.org/10.15864/ijelts.2119

Istiqa, S., Rosnija, E., & Sri Rezeki, Y. (2022). Factors influencing students ’ interest in learning english. Jurnal Pendidikan Dan Pembelakaran Khatulistiwa, 11(78124), 84–91. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55065

Kurniawan, R., Kurniawan, A. W., & Wijaya, D. (2021). Students’ interest in physical education learning: Analysis of internal and external factors. Journal Sport Area, 6(3), 385–393. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).7402

Laine, E., Veermans, M., Lahti, A., & Veermans, K. (2017). Generation of student interest in an inquiry-based mobile learning environment. Frontline Learning Research, 5(4), 42–60. https://doi.org/10.14786/flr.v5i4.306

Lestari, V. L.& Suwarsito (2020). The Influence Of Parental Attention and Learning Interest Towards Learning Achievement. Jurnal Alasma: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 2(1), 73-82.

Nugroho, S. E. (2020, June). Physics experiment activities to stimulate interest in learning physics and reasoning in high school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 2, p. 022069). IOP Publishing.

Othman, S., Steen, M., & Fleet, J. (2020). A sequential explanatory mixed methods study design: An example of how to integrate data in a midwifery research project. Journal of Nursing Education and Practice, 11(2), 75-89.

Ratu, L. T., Fadlia, F., Makhroji, M., Asra, S., & Chairuddin, C. (2020). A Study of Teenagers Interest in Learning English in Langsa. Journal of Education, Linguistics, Literature and Language Teaching, 3(01), 21-34.

Rindiani, V. L., Hasanah, D., & Nafiah, U. (2021). An analysis of students'interest in english learning of senior high school 1 muaro jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Sari, M. (2016). Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Aktivitas Fisik Terhadap Kesegaran Jasmani Anak Tunagrahita. Journal Sport Area, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.374

Shrestha, M., & Dangol, R. (2019). Learning Readiness and Educational Achievement Among School Students. The International Journal of Indian Psychology, 7(2), 467–476. https://doi.org/10.25215/0702.056

Siregar, N. (2019). Relationship Interest In Learning And Intelligence Intellectual With Learning Results Islamic Education Of Students State Elementary School In Bandar Setia Village District Percut Sei Tuan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 158-171.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Allyn & Bacon

Sadikin, I., & Handayani, R. (2019, April). Integrating technology for teaching English writing as a foreign language in Indonesian context. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, 20 October 2018, Yogyakarta, Indonesia.

Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2009 fakultas ekonomi universitas negeri yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).

Suryadi, D. (2014). The Correlation Between Students’ Interest in English and Their Reading Comprehension. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tan, D. A., & Balasico, C. L. (2018). Students’ Academic Performance, Aptitude and Occupational Interest in the National Career Assessment Examination. PUPIL: International Journal of Teaching, Education and Learning, 2(3), 01–21. https://doi.org/10.20319/pijtel.2018.23.0121

Veal, W. R., & Jackson, Z. (2006). Developing a primary science methods classroom. International Journal of Science and Mathematics Education, 4, 195-213.

Watuliu, J. (2015). Peranan Komunikasi Keluarga Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Smu Di Desa Warukapas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4).

Williams, C. (2007). Research Methods. Journal of Business & Economic Research, 5(3), 65–78.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-02