MENGINTEGRASIKAN PENDEKATAN ILMIAH YANG BERPUSAT PADA MALL (MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Irma Savitri Sadikin Universitas Esa Unggul
  • Oktian Fajar Nugroho UNIVERSITAS ESA UNGGUL
  • Muhamad Bahrul Ulum UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Kata Kunci:

penelitian tindakan, MALL, pendekatan ilmiah, keterampilan menulis

Abstrak

Menulis sering dianggap sebagai keterampilan yang menantang untuk dikuasai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh pendekatan ilmiah berbasis Mobile Assisted Language Learning (MALL) dalam meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua puluh empat siswa kelas sembilan sekolah menengah pertama di Jakarta Barat sebagai partisipan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan serangkaian tes menulis untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tulisan siswa meningkat sebagai konsekuensi dari penggunaan pendekatan ilmiah berdasarkan MALL. Dengan melibatkan mereka dalam sejumlah praktik di setiap pertemuan, bekerja dengan situs web dan aplikasi, dan mencari umpan balik dari siswa dan guru, MALL cenderung meningkatkan kemampuan menulis siswa. Menerapkan pendekatan ilmiah yang didukung oleh MALL telah menunjukkan potensi dalam membantu siswa meningkatkan ide-ide mereka dalam menulis. Mereka menunjukkan kemampuan mereka untuk membuat paragraf yang panjang dan dilengkapi dengan detail yang relevan. Siswa meningkatkan pembelajaran kosakata mereka dengan menggunakan kamus digital dan menonton video. Umpan balik secara teratur dari teman sebaya dan guru sangat penting dalam membantu siswa memahami pentingnya tanda baca dan keakuratan ejaan dalam pekerjaan tertulis mereka. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian ilmiah tambahan untuk menguji keefektifan pendekatan ilmiah berdasarkan MALL, yang tidak hanya mencakup keterampilan menulis, tetapi juga mencakup keterampilan membaca, berbicara, atau mendengarkan.

Referensi

Al-Hadithy, T. (2021). Exploring the potential of MALL in teaching ELLs academic writing. TESL Ontario CONTACT Magazine,(March), 46-58.

Alharbi, M. A. (2022). Exploring the impact of teacher feedback modes and features on students' text revisions in writing. Assessing Writing, 52, 100610.

Amin, M. Z. M., Rashid, R. A., & Teh, K. S. M. (2019). Investigating Issues and Challenges in Employing Action Research for Teacher Training in Malaysian Context. International Journal of Education and Practice, 7(1), 30-40.

Antika, R. R. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). Jurnal BioKultur, 3(1), 251-265.

Billings, E. S., & Mathison, C. (2012). I get to use an iPod in school? Using technology-based advance organizers to support the academic success of English learners. Journal of Science Education and Technology, 21, 494-503.

Boonmoh, A., Jumpakate, T., & Karpklon, S. (2022). A close look at the use of technology by Thai teachers in secondary EFL classrooms. Computer Assisted Language Learning, 23(1), 78-107.

Chang, S. C. (2011). A Contrastive Study Of Grammar Translation Method And Communicative Approach In Teaching English Grammar. English Language Teaching, 4(2), 13-24. https://doi.org/10.5539/elt. v4n2p13.

Dwigustini, R., Sari, N., Susilawati, S., & Nisa, B. (2021). Fostering students’ writing skill by the integration of mall application. Journal of Languages and Language Teaching, 9(1), 34-43.

Eubanks, J., Yeh, H.,& Tseng, H. (2018). Learning Chinese through a twenty-fist century writing workshop with the integration of mobile technology in a language immersion elementary school. Computer Assisted Language Learning, 31(4), 346-366.

Ghafar, Z. N. (2023). The Teacher-Centered and the Student-Centered: A Comparison of Two Approaches. International Journal of Arts and Humanities, 1(1), 18-23.

Heaton, J.B. (1991). Writing English Language Tests. Harlow: Longman.

Hosnan. (2014). Pendekatan Scientifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huang, C. S., Yang, S. J., Chiang, T. H., & Su, A. Y. (2016). Effects of situated mobile learning approach on learning motivation and performance of EFL students. Journal of Educational Technology & Society, 19(1), 263-276.

Hyland, K. (2013). Second language writing: The manufacture of a social fact. Journal of Second Language Writing, 22(4), 426-427.

Lin, J. M. C., & Wu, Y. J. (2010). Netbooks in sixth-grade English language classrooms. Australasian Journal of Educational Technology, 26(7).

Kanala, S., Nousiainen, T., & Kankaanranta, M. (2013). Using a mobile application to support children's writing motivation. Interactive Technology and Smart Education, 10(1), 4-14.

Kassem, M. A. M. (2018). The effect of a suggested in-service teacher training program based on MALL applications on developing EFL students' vocabulary acquisition. Journal of Language Teaching and Research, 9(2), 250-260.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Modul Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurinasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013 konsep dan penerapan. Kata Pena.

Lufungulo, E. S., Mambwe, R., & Kalinde, B. (2021). The meaning and role of action research in education. Multidisciplinary Journal of Language and Social Sciences Education (2664-083X, Online ISSN: Print ISSN: 2616-4736), 4(2), 115-128.

Miller, B., & McCardle, P. (2011). Reflections on the need for continued research on writing. Reading and Writing, 24, 121-132

Ramet, A. (2011). Creative writing. Hachette UK.

Sadikin, I., & Handayani, R. (2019, April). Integrating technology for teaching English writing as a foreign language in Indonesian context. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, 20 October 2018, Yogyakarta, Indonesia.

Sadikin, I. S. (2023). The Students and Teacher’s Perception of Mobile-Assisted Language Learning Integration in EFL Teaching-Learning Practices. Linguistics and ELT Journal, 11(2).

Sandberg, J., Maris, M., & De Geus, K. (2011). Mobile English learning: An evidence-based study with fifth graders. Computers & Education, 57(1), 1334-1347.

Spanou, S., & Zafiri, M. N. (2019). Teaching reading and writing skills to young learners in English as a foreign language using blogs: A case study. Journal of Language and Cultural Education, 7(2), 1-20.

Stehlik, T. (2018). Educational philosophy for 21st century teachers (pp. 59-82). Switzerland: Palgrave Macmillan.

Toba, R., Noor, W. N., & Sanu, L. O. (2019). The current issues of Indonesian EFL students’ writing skills : Ability, problem , and reason in writing comparison and contrast essay. Dinamika Ilmu, 19(1), 57–73. https://doi.org/http://doi.org/10.21093/di.v19i1.1506

Thomas, K., & Muñoz, M. A. (2016). Hold the phone! High school students' perceptions of mobile phone integration in the classroom. American Secondary Education, 19-37.

Wang, J. H., Hsu, S. H., Chen, S. Y., Ko, H. W., Ku, Y. M., & Chan, T. W. (2014). Effects of a Mixed-Mode Peer Response on Student Response Behavior and Writing Performance. Journal of Educational Computing Research, 51(2), 233–256.

Wu, Y., & Schunn, C. D. (2021). The effects of providing and receiving peer feedback on writing performance and learning of secondary school students. American Educational Research Journal, 58(3), 492-526.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-21