PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 2 KALITINGGAR PURBALINGGA

Authors

  • Arifin Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v5i2.p47-58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa melalui pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalitinggar dengan jumlah siswa 30. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputiperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar kemampuan guru dalam merancang rencana pembelajaran, lembar kinerja guru, dan hasil kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas. Berdasarkan penelitian kemampuan siswa dalam menulis puisi diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 68,2 (53,33%), dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,66 (90%). Dengan demikian disimpulkan bahwa Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi kelas V SD Negeri 2 Kalitinggar Purbalingga.Kata kunci : Menulis, puisi, (CTL), Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2017-04-23