EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERITA PENDEK

Penulis

  • Karina Barliani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Usep Kuswari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dedi Koswara Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v14i1.p1-14

Kata Kunci:

Komik Digital, Membaca Pemahaman, Cerita Pendek

Abstrak

Rendahnya kemampuan siswa kelas TKJ SMKN Manonjaya tahun ajar 2022-2023 dalam pembelajaran membaca cerita pendek merupakan masalah penelitian ini. Tujuan penelitian yaitu menguji keefektifan media komik digital dalam pembelajaran membaca cerita pendek. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dan metode penelitiannya eksperimen. Data penelitian ini yaitu kemampuan membaca cerita pendek peserta didik. Tehnik penelitian ini yaitu tehnik tes dengan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan membaca cerita pendek peserta didik kelas eksperimen XI TKJ 4 SMKN Manonjaya sebelum menggunakan media komik digital nilainya 77,29 kriterianya cukup. Setelah menggunakan media komik digital, kemampuan membaca cerita pendeknya meningkat nilainya 94,29 kriteria tinggi sekali; 2) kemampuan membaca cerita pendek peserta didik kelas kontrol XI TKJ 2 SMKN Manonjaya sebelum pembelajaran yang tidak menggunakan media komik digital nilainya 67,14 kriterianya cukup, kemampuan siswa setelah pembelajaran yang tidak menggunakan komik digital, nilainya menjadi 81,14 kriterianya tinggi; 3) hasil analisis t-test menunjukkan nilai thitung 2,969, nilai ttabel 1,691 dan sig. (2tailed) yaitu 0,004. Nilai thitung > ttabel, yaitu 2,969 > 1,691 sedangkan nilai sig (2tailed) yaitu 0,004 < 0,05, jadi bisa disimpulkan bahwa media komik digital efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik kelas XI TKJ SMKN Manonjaya tahun ajar 2022-2023 dalam pembelajaran membaca cerita pendek.

Referensi

Abbas, N. (2012). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan penilaian portofolio di SMPN 10 kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 16(2), 125-130.

Aini, N., Ashadi, A., & Nurhayati, N. (2014). Studi komparasi pembelajaran think pair share (tps) dilengkapi dengan media key relation-chart (kr-chart) dan lks terhadap prestasi belajar siswa pada materi termokimia kelas xi semester ganjil SMAN 1 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(3), 98–104.

Akramunnisa. (2022). Pengembangan media komik digital berbasis flipbook pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SD Negeri Mannuruki. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arsyad, A. (2009). Media pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Ayuningtyas, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran komik digital radari dengan model group investigation (GI) mapel IPS kelas IVC SDN Petompon 02 Semarang. 23.

Damopolii, I., Lumembang, T., & İlhan, G. O. (2022). Digital comics in online learning during covid-19: its effect on student cognitive learning outcomes. International Journal of Interactive Mobile Technoligies, 16(03). https://online-journals.org/index.php/i-jim/article/view/28967

Daryanto. (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Yrama Widya.

Gumelar. (2011). Cara membuat komik. PT. Indeks.

Habiddin, H., Ashar, M., Hamdan, A., & Nasir, K. R. (2022). Digital Comic Media for Teaching Secondary School Science. International Journal of Interactive Mobile Technology, 16(03), 159–166. https://online-journals.org/index.php/i-jim/article/view/28967

Haerudin, D., Hermawan, B., Ruhaliah, R., Wibawa, S., Awaliah, Y. R., & Hardini, T. I. (2023). Inventorying authentic teaching materials on Youtube for listening learning plan of Pupuh in elementary school. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 549–564. https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.46233

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Kadir, A. (2012). Dasar-dasar pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Khotimah, A. K. (2016). Analisis kemampuan membaca pemahaman berdasarkan taksonomi Barret pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. 1–185.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. PT. Reflika Aditama.

Kustianingsari, N. (2015). Pengembangan media komik digital pada mata pelajaran bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat kita materi teks cerita manusia dan lingkungan untuk siswa kelas V SDN Putat Jaya III/39 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3.

Mahfudhoh, M., & Nuroh, E. Z. (2024). Pengaruh Cerita Digital Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Semantik, 13(1), 103–114. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p103-114

Masykur et al. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan macromedia flash. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1274–1283.

Nurfidah, & Sastromiharjo, A. (2024). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Menulis: Tinjauan Pustaka. Semantik, 13(2), 277-292. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i2.p277-292

Rasiman et al. (2014). Development of mathematics learning media e-comic based on flip book maker to increase the critical thinking skill and character of junior high school students. International Journl of Education and Research, 532–544.

Sadiman, A. F. (2012). Media pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H. A. (2009). Media pembelajaran. Safiria Insania Press.

Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada.

Setyowati, R. R., Rochmat, S., & Aman. (2023). The effect of digital learning of historical comics on students’ critical thinking skills. International Journal of Information and Education Technology, 13(5), 818–824. https://www.ijiet.org/vol13/IJIET-V13N5-1873.pdf

Sidiq, I. P. (2013). Efektifitas media komik digital terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Soeparno. (1988). Media pembelajaran bahasa. PT. Intan Pariwara.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sundayana, R. (2013). Media pembelajaran matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pecinta matematika). Alfabeta.

Suprijono, A. (2011). Model-model pembelajaran. Gramedia Pustaka Jaya.

Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal of Education.

Yamin, & I. (2009). Taktik pengembangan kemampuan individual siswa. Gaung Persada Press.

Zainal, A. G., Risnawaty, R., Isyaku, H., Bai, R. R., & Sya, M. F. (2021). The comparative effect of using original short stories and local short stories as two types of cultural sources Indonesian efl learners’ reading comprehension. International Journal of Society, Culture, and Language IJSCL, 10(1), 143–152. https://www.ijscl.com/article_247370.html

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-06