NATIVE SPEAKER: MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MEMPERKENALKAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI

Dedah Jumiatin
Ririn Hunafa Lestari

Abstract


Penguasaan bahasa Inggris merupakan kemampuan yang perludimiliki oleh generasi muda di era modern untuk memperolehinfomasi dari berbagai negara. Bahasa Inggris dapatdiperkenalkan kepada anak sejak dini di Taman Kanak-kanakmelalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang saat ini sedang berkembang. Berdasarkan hasil temuan tersebut penelitian ini dilakukandengan metode penelitian studi kasus di salah satu Taman Kanak-kanak di Kota Cimahi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi pembelajaran bahasa Inggris untuk anakusia dini dan wawancara terhadap guru dan pendiri sekolah. Setelah diperoleh, data dianalisis dengan menggunakan analisistematik sesuai dengan pertanyaan penelitian. Dari hasilpenelitian diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis TIK dapat membantu guru sebagai alata peraga dalammemperkenalkan bahasa Inggris dari native speaker sesuaidengan kompetensi pedagogi dan profesional guru dalammemanfaat TIK dalam proses pembelajaran. Maka dari itu dapatdisimpulkan bahwa bahasa Inggris yang dijelaskan oleh native speaker dapat diperkenalkan melalui media pembelajaranberbasis TIK.

References


Asmin, A. I. (2013). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini untuk Mempelajari Bahasa Inggris. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, pp. 191-197).

Blackwell, C.K., Lauricella, A.R., &Wartella, E. 2014. Factors Influencing Digital Technology Use in Early Childhood Education. Computer & Education. 77(__), pp. 82-90. DOI: http://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.04.01

Creswell, J.W. [2014]. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Dąbrowska, E., & Street, J. (2006). Individual differences in language attainment: Comprehension of passive sentences by native and non-native English speakers. Language Sciences, 28(6), 604–615. doi:10.1016/j.langsci.2005.11.014

Dong, C. (2018). “Young children nowadays are very smart in ICT” – preschool teachers’ perceptions of ICT use. International Journal of Early Years Education, 1–14.doi:10.1080/09669760.2018.1506318

Emzir. [2012]. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuatitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Faridi, A. (2009). Inovasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis ICT dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1).

Ghasemi, B., & Hashemi, M. (2011). ICT: Newwave in English language learning/teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3098–3102.doi:10.1016/j.sbspro.2011.04.252

Hancock, D.R., & Algozzine, R. [2006]. Doing Case Study Research: A Pratical Guide for Beginning Researches. New York and London: Teacher College Columbia University.

Harun, C. A. (2014). Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Hidayati, T. (2016). Integrating ICT in English language teaching and learning in Indonesia. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 3(1).

Kinzler, K. D., Corriveau, K. H., & Harris, P. L. (2010). Children’s selective trust in native-accented speakers. Developmental Science, 14(1), 106–111. doi:10.1111/j.1467-7687.2010.00965.x

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika budaya berbicara bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 161-174.

Liu, X., Toki, E. I., & Pange, J. (2014). The use of ICT in preschool education in Greece and China: A comparative study. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 112, 1167-1176.

Mulyadi, M.B., & Rahmat, A.H. (2019). KESENJANGAN KARAKTERISTIK ANTAR GENERASI DALAM PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUTRI 4.0. Conference: Prosseding Connect 3rd: FKIP UNSUR

Munir. [2009]. Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2 (2), pp. 1-4. Retrieved from: http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_TIK/Jurnal_Pend_TIK_Vol_2_No_2/KONTRIBUSI_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_%28TIK%29_DALAM_PENDIDIKAN_DI_ERA_GLOBALISASI_PENDIDIKAN_INDONESIA.PDF

National Association for the Education of Young Children (NAEYC). 2012. Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. Retrived from: http://www.naeyc.org/files/naeyc/PS_technology_WEB.pdf

Pendidikan, K., & Kebudayaan, R. I. (2017). Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016-2017. Jakarta: Sekretariat Jenderal Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang standar PAUD

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Jurnal Al Hikmah Proc Islamic Ear Child Educ, 1.

Rachmawati, T,. & Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media

Raman, K., & Yamat, H. (2014). Barriers Teachers Face in Integrating ICT During English Lessons: A Case Study. Malaysian Online journal of educational technology, 2(3), 11-19.

Trisnadewi, K. (2010). Penguasaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Pengajar Native Speaker (Doctoral dissertation, Udayana University).

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.

Unang, C., & Sumartini, T. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-kanak Kelompok Kompetensi F. Banudng: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Yurt, O., & Cevher-Kalburan, N. 2011. Early Childhood Teachers’ Thoughts and Practices About The Use of Computer in Early Childhood Education. Procedia Computer Science. 3(__), pp 1562-1570. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2011.01.050




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v7i1p%25p.2142

Article Metrics

Abstract view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.