Gambaran Paternal Accesibility dalam Pendidikan Anak Usia Dini Dilihat dari Persepsi Guru

Rohmalina Rohmalina
Ghina Wulansuci
Syah Khalif Alam
Ririn Hunafa Lestari

Abstract


Salah satu isu yang sedang berkembang di bidang pendidikan anak usia dini adalah pendidikan keluarga. Pendidikan keluarga yang diberikan orang tua sebagai lingkungan belajar yang sangat dekat dengan anak usia dini. Kemudian dilanjut dengan pendidikan sekolah sebagai lembaga social yang bertujuan menyelenggarakan proses pendidikan. Peran orang tua dan sekolah dibutuhkan agar anak dapat mengembangkan diri secara optimal. Akan tetapi hasil pengamatan diperoleh bahwa orang tua yang terlibat dalam program sekolah identic dengan kehadiran ibu tanpa ayah. Maka dari itu tujuan penelitian ini ingin mengetahui salah satu dimensi keterlibatan ayah yaitu paternal accessibility di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrument yang dilakukan disalah satu gugus terpadu Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 responden sebanyak 2  responden (13, 3%) sudah paham dan 13 responden (86,7%) mulai memahami tentang paternal accessibility. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara lapangan guru belum banyak paham tentang dimensi keterlibatan ayah dengan kebutuhan anak atas kehadiran ayah tanpa adanya interaksi secara langsung.

References


Andrews, A.B., Luckey, I., Bolden, E., Whiting-Fickling, J., & Lind, K.A. (2004). Public Perception About Father Involvement. Journal of Family Issues. 25 (5), pp. 603-633.

Arnold, S., Wall, G. [2007] How is Involved Fathering? An Exploration of The Contemporary Culture of Fatherhood. Gender and Society. 21(4), pp 508-527. DOI: 10.1177/0891243207304973

Aviles, A.M., Anderson, T.R, &Davila, E.R. [2006]. Child and Adolescent Social-Emotional Development Within the Context of School. Child and Adolescent Mental Health. 11 (1), pp 32-39. DOI: 10.1111/j.1475-3588005.00365.x

Barret, P.M. & Pahl, K.M. [2007]. The Development of Social–Emotional Competence in Preschool-Aged Children: An Introduction to the Fun FRIENDS Program. Australian Journal of Guidance & Counselling. 17 (1). pp 81-90. DOI: http://doi.org/10.1375/ajgc.17.1.81

Belsky, J., & De Haan, M. [2011]. Annual Research Review: Parenting and Children’s Brain Development: The End of The Beginning. Journal of Child Psychology and Psychiatry. 54 (4). pp 409-428. DOI: http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1469-7610.2010.02281.x/full

Cabrera, N.J., Tamis-LeMonda, C.S., Bradley, R.H., Hofferth. S., & E Lamb, M. [2000] Fatherhood in the Twenty-First Century. Child Development. 27 (1). pp 127-136. DOI: 10.1111/146-8624.00126/abstract

Cabrera, N.J., Shannon, J.D,. & LeMonde, C.T. [2010]. Fathers’ Influence on Their Children’s Cognitive and Emotional Development From Toddlers to Pre-K. Applied Developmental Science. 11 (4). pp 208-213. DOI: 10.1080/10888690701762100

Chae, J. Y., Lee, K.Y. [2011]. Impacts of Korean Fathers’ Attachment and Parenting Behaviour on The Children’s Social Competence. Social Behaviour and Personality. 39 (5). pp 627-644. DOI: 10.224/sbp.2011.39.5.627

Hobson, L., Noyes, J. [2011] Fatherhood and Children with Complex Healthcare Needs: Qualitative Study of Fathering, Caring and Parenting. BMC Nursing. 10 (5). pp 1-13. DOI: 10.1186/1472-6955-10-5.

Killing-Bunga, B.N., Kiling, I,Y., & Toomaszen, F. (2016). Persepsi Ibu terhadap Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Intusis Jurnal Ilmiah Psikologi. 8 (2), pp. 1-9.

Margareta, S. (2013). Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan Pimpinan: Studu Deskriptif Analisis Kuantitatif di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Lingkungan Kantor Dina Pendidikan Provinsi Jawa Barat [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2013). Retvieved from: http://repository.upi.edu/1605/6/S_ADP_0705056_Chapter3.pdf

Mesman, J., Van Ijzendoorn, M. H., & Bakermans- Kranenburg, M. J. (2012). Unequal in opportunity, equal in process: Parental sensitivity promotes positive child development in ethnic minority families. Child Development Perspectives, 6, 239-250.

Na’imah, T., & Herdian. (2017). Pelatihan Fathering untuk Meningkatkan Peran Penting dalam Pengasuhan Pada Kelompok Orang Tua Anak Didik PAUD Sinar Mentari dan SD Islam Sinar Mentari. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Purwokerto, 19 Desember 2017.

Naomee, I. (2013). Role of Families on Early Childhood Development and Education: Dhaka City Perspective. The International Journal of Social Sciences. 11 (1), pp. 158-169.




DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1477

Article Metrics

Abstract view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.