PEMBELAJARAN CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) DENGAN RESIKO TERJADINYA STRESS AKADEMIK PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p44-50.1272Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah calistung (membaca, menulis, berhitung) memiliki resiko terjadinya stress akademik anak usia dini. penelitian yang dilakukan adalah penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. terdapat subjek dalam penelitian ini yaitu guru dari tiga TK sekecamatan Banjaran, wawancara dan observasi digunakan untuk proses pengumpulan data, selain itu analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data Grounded Theory.Kata Kunci : Membaca, Menulis, Berhitung, Stress Akademik, Anak Usia DiniReferences
Abidin, Y. (2009). Bermain. Bandung: Rizki Press
Abidin, Y. (2011). Penelitian Pendidikan Dalam
Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD.
Bandung: RIZQI PRESS
Alwasilah, A. (2008). Pokoknya Kualitatif.
Jakarta: Pustaka Jaya
Anitei,M et al. (2015). Differences in Academic
Specialization regarding Stressor
Perception, Coping and Stress Effects
Perception in Young Students. Procedia -
Social and Behavioral Sciences 203 ( 2015 )
– 437.doi:
1016/j.sbspro.2015.08.320
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan,
Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi
Riset Kualitatif Dan Kuantitatif (Edisi
Kelima). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan
Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya
Elias. (2011). Stress and academic achievement
students. Journal Of Social And Behavioral
Sciences. 29, 646655
Erdogdu, Y.M. (2006). Relatoonships between
creatovoty, teacher behavoours and
academoc success, Journal of Social
Science, 5(17). pp. 95-106.
Erturgut, P & Ramazan. (2010). Stress and
academic self esteem in primaryschool
children who applied to the hospital: A
research in pediatric hospitals in Turkey.
Procedia Social and Behavioral Sciences 2
(2010) 1200–1204.
doi:10.1016/j.sbspro.2010.03.172
Gunbayi, I. (2009). Academic staff’s perceptions
on stressors originating frominterpersonal
relations at work setting: a case study.
World Conference on Educational Sciences
. Procedia Social and Behavioral Sciences 1
(2009) 50–60. doi:10.1016/j.sbspro.2009.
013
Hasan, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini.
Jogjakarta: DIVA Press
Istiyani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca
Menulis Menghitung (calistung) Pada Anak
Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal
Penelitian. Vol. 10, No. 1 (2013) 1-18.
STAIN Pekalongan
Larson, E. A. (2006). Stress in the lives of college
women: “lots to do and not much time.
Journal of adolescent research, 2 (16), 579-
DOI.10.1007/s10643-009-0361-9.
Lehmann, H. (2010). Research Method: Grounded
Theory for Descriptive And Exploratory
Case Studies The Dynamics of International
Information Systems: Anatomy of a
Grounded Theory Investigation (pp. 53-65).
Bostom, MA: Springer US
Misra, R. & Castillo, L. (2004). Academic Stress
among College Students: Comparison of
American and International Students.
International Journal of Stress Management,
, 132-14 doi: 10.1016/j.sbspro.2013.
803
Moleong, L, J. (2007). Metodologi Penelitian
Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja
RosdaKarya
Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung Pada
Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik
Dan Resiko Menghambat Kecerdasan
Mental Anak. Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan. FKIP Universitas
Muhamadiyah Ponorogo: Yogyakarta
Shahmohammadi. (2011). Students coping with
stress at hight school level particulary at
th & 12th grade. Jurnal social and
behavioral sciences. 30, 395-401
Sanders, J. Fallon, B. (2017). Child welfare
involvement and academic diviculties:
Characteristics of children, families, and
households involved with child welfare and
experiencing academic difficulties. Social
and Behavioral Sciences, 86 (2017) 98-109.
https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.0
024
Suyadi & ulfah, m. (2013). Konsep Dasar PAUD.
Bandung: PT . REMAJA ROSDAKARYA