PEMBELAJARAN CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) DENGAN RESIKO TERJADINYA STRESS AKADEMIK PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ghina Wulansuci PG PAUD IKIP Siliwangi
  • Euis Kurniati PG PAUD Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p44-50.1272

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah calistung (membaca, menulis, berhitung) memiliki resiko terjadinya stress akademik anak usia dini. penelitian yang dilakukan adalah penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. terdapat subjek dalam penelitian ini yaitu guru dari tiga TK sekecamatan Banjaran, wawancara dan observasi digunakan untuk proses pengumpulan data, selain itu analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data Grounded Theory.Kata Kunci : Membaca, Menulis, Berhitung, Stress Akademik, Anak Usia Dini

References

Abidin, Y. (2009). Bermain. Bandung: Rizki Press

Abidin, Y. (2011). Penelitian Pendidikan Dalam

Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD.

Bandung: RIZQI PRESS

Alwasilah, A. (2008). Pokoknya Kualitatif.

Jakarta: Pustaka Jaya

Anitei,M et al. (2015). Differences in Academic

Specialization regarding Stressor

Perception, Coping and Stress Effects

Perception in Young Students. Procedia -

Social and Behavioral Sciences 203 ( 2015 )

– 437.doi:

1016/j.sbspro.2015.08.320

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan,

Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi

Riset Kualitatif Dan Kuantitatif (Edisi

Kelima). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan

Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya

Elias. (2011). Stress and academic achievement

students. Journal Of Social And Behavioral

Sciences. 29, 646655

Erdogdu, Y.M. (2006). Relatoonships between

creatovoty, teacher behavoours and

academoc success, Journal of Social

Science, 5(17). pp. 95-106.

Erturgut, P & Ramazan. (2010). Stress and

academic self esteem in primaryschool

children who applied to the hospital: A

research in pediatric hospitals in Turkey.

Procedia Social and Behavioral Sciences 2

(2010) 1200–1204.

doi:10.1016/j.sbspro.2010.03.172

Gunbayi, I. (2009). Academic staff’s perceptions

on stressors originating frominterpersonal

relations at work setting: a case study.

World Conference on Educational Sciences

. Procedia Social and Behavioral Sciences 1

(2009) 50–60. doi:10.1016/j.sbspro.2009.

013

Hasan, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini.

Jogjakarta: DIVA Press

Istiyani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca

Menulis Menghitung (calistung) Pada Anak

Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal

Penelitian. Vol. 10, No. 1 (2013) 1-18.

STAIN Pekalongan

Larson, E. A. (2006). Stress in the lives of college

women: “lots to do and not much time.

Journal of adolescent research, 2 (16), 579-

DOI.10.1007/s10643-009-0361-9.

Lehmann, H. (2010). Research Method: Grounded

Theory for Descriptive And Exploratory

Case Studies The Dynamics of International

Information Systems: Anatomy of a

Grounded Theory Investigation (pp. 53-65).

Bostom, MA: Springer US

Misra, R. & Castillo, L. (2004). Academic Stress

among College Students: Comparison of

American and International Students.

International Journal of Stress Management,

, 132-14 doi: 10.1016/j.sbspro.2013.

803

Moleong, L, J. (2007). Metodologi Penelitian

Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja

RosdaKarya

Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung Pada

Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik

Dan Resiko Menghambat Kecerdasan

Mental Anak. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan. FKIP Universitas

Muhamadiyah Ponorogo: Yogyakarta

Shahmohammadi. (2011). Students coping with

stress at hight school level particulary at

th & 12th grade. Jurnal social and

behavioral sciences. 30, 395-401

Sanders, J. Fallon, B. (2017). Child welfare

involvement and academic diviculties:

Characteristics of children, families, and

households involved with child welfare and

experiencing academic difficulties. Social

and Behavioral Sciences, 86 (2017) 98-109.

https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.0

024

Suyadi & ulfah, m. (2013). Konsep Dasar PAUD.

Bandung: PT . REMAJA ROSDAKARYA

Downloads

Published

2019-06-20