Gambaran Paternal Accesibility dalam Pendidikan Anak Usia Dini Dilihat dari Persepsi Guru

Authors

  • Rohmalina Rohmalina Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Ghina Wulansuci Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Syah Khalif Alam Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi
  • Ririn Hunafa Lestari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1477

Abstract

Salah satu isu yang sedang berkembang di bidang pendidikan anak usia dini adalah pendidikan keluarga. Pendidikan keluarga yang diberikan orang tua sebagai lingkungan belajar yang sangat dekat dengan anak usia dini. Kemudian dilanjut dengan pendidikan sekolah sebagai lembaga social yang bertujuan menyelenggarakan proses pendidikan. Peran orang tua dan sekolah dibutuhkan agar anak dapat mengembangkan diri secara optimal. Akan tetapi hasil pengamatan diperoleh bahwa orang tua yang terlibat dalam program sekolah identic dengan kehadiran ibu tanpa ayah. Maka dari itu tujuan penelitian ini ingin mengetahui salah satu dimensi keterlibatan ayah yaitu paternal accessibility di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai instrument yang dilakukan disalah satu gugus terpadu Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 responden sebanyak 2  responden (13, 3%) sudah paham dan 13 responden (86,7%) mulai memahami tentang paternal accessibility. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara lapangan guru belum banyak paham tentang dimensi keterlibatan ayah dengan kebutuhan anak atas kehadiran ayah tanpa adanya interaksi secara langsung.

References

Arnold, S., &Wall, G. [2007] How is Involved Fathering? An Exploration of The Contemporary Culture of Fatherhood. Gender and Society. 21(4), pp 508-527.

Asy’ari, H., & Ariyanto, A. Gambaran Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak (Paternal Involvement) di Jabodetabek. Intusisi Jurnal Psikologi Ilmiah. 11 (1), pp. 37-44.

Cabrera, N.J., Tamis-LeMonda, C.S., Bradley, R.H., Hofferth. S., & E Lamb, M. [2000] Fatherhood in the Twenty-First Century. Child Development. 27 (1). pp 127-136.

Cabrera, N.J., Shannon, J.D,. & LeMonde, C.T. [2010]. Fathers’ Influence on Their Children’s Cognitive and Emotional Development From Toddlers to Pre-K. Applied Developmental Science. 11 (4). pp 208-213.

Dewi, B.K. Pentingnya Peran Ayah untuk Pendidikan Anak. 2016, November, 13. Today Online . Retrived January 3, 2020, from: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=3640

Lamb, M. E. (2010). The Role of Father in Child Development Fifth edition. New York: John Willey & Sonc Inc.

Margareta, S. (2013). Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan Pimpinan: Studu Deskriptif Analisis Kuantitatif di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Lingkungan Kantor Dina Pendidikan Provinsi Jawa Barat [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2013). Retvieved from: http://repository.upi.edu/1605/6/S_ADP_0705056_Chapter3.pdf

Maulana, A.H. (2018). Rendahnya Tingkat Pendidikan dan Peran Orang Tua: Studi Kasusu di Desa Banyuneng Laok, Kecamatan geger, Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, 2018) Retrieved form: http://eprints.umm.ac.id/41375/

Palkovitz, R. (2002). Involved fathering and child development: Advancing our understanding of good fathering. In C. S. Tamis-LeMonda & N. Cabrera (Eds.), Handbook of father involvement: Multidisciplinary perspectives. New Jersey: Lawrene Erlbaum Associates.

Soge, E.M.T., Kiling-Bunga, B.N., Thoomaszen, F.W., &Kiling, I.Y. (2016). Persepsi Ibu terhadap Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Intuisi, Jurnal ilmiah Psikologi. 8 (2), pp.-

Sugiyono. (2008). Metode PenelitianKuantitatifdab R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaripudin, T., & Kurniasih. 2012. Pedagogik Teoritis Sistematis. Bandung: Percikan Ilmu.

Thoomaszen, F., Kiling I.Y., &Bunga-Kiling , B.N. (2017). Gambaran Paternal Responsibility dalam Pengasuhan Anak, Usia Dini. Humanitas. 13, (2), pp. 160-173.

Wangge, F.K.M., Thoomaszen, F.W., Kiling-Bunga, B.N., &Kiling, I.Y. (2016). Identifikasi Afeksi Paternal Pada Ayah dari Anak Usia Dini di Kota Kupang. Jurnal Ilmiah visi PP TK PAUDNI. 11(1), pp. 41-48.

Yuniarti, S.L. Apa Kabar Ayah Indonesia?. 2018, November, 12. Today Online. Retrived January 3, 2020, from: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost%2Fxview&id=249900138

Downloads

Published

2019-11-23

Most read articles by the same author(s)