PERPADUAN TOTALLY PHYSICAL RESPONSE METHOD (TPR METHOD) DENGAN LAGU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI

Authors

  • Ririn Hunafa Lestari PG PAUD Ikip Siliwangi
  • Euis Kurniati PG PAUD Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p23-28.1270

Abstract

Pada saat ini, anak-anak dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak sebagai sumber daya manusia di abad 21, sehingga sekolah sebagai lingkungan belajar anak perlu memperkenalkan bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Inggris. Untuk itu guru dituntut untuk berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, mampu memotivasi anak, mudah ditiru serta memberikan pengalaman yang berkesan dalam proses pembalajaran bahasa Inggris, salah satunya adalah menggabungkan beberapa metode pengajaran. Pada sekolah PG-TK @Delft’s Education guru telah menggabungkan metode TPR dengan teaching English using by song dalam mengembangkan bahasa Inggris. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang krativitas dan inovasi guru dalam menggabungkan metode TPR dan teaching English using by song untuk mempermudah anak dalam memahami konsep dasar bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pemahaman anak terhadap bahasa Inggris menjadi lebih mudah dipahami oleh anak dan memberikan informasi tentang kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan bahasa Inggris. Maka dari itu, penelitian ini direkomendasikan kepada pendidik anak usia dini bahwa penggabungan metode TPR dengan teaching English using by song dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak usia dini.Kata Kunci: Bahasa Inggris, anak usia dini, Metode TPR, Lagu

References

Astuti, W., & Habibah, U. [2015]. Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif di Kelompok A TK Pertiwi Jirapan 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Aktualisasi Bimbingan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter. Pp. 343-352. ISBN: 978-602-70471-1-2. Retrieved from:https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6052/34_Wili%20Astuti.pdf;sequence=1

Badan Standar Nasional Pendidikan (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP

Britsch, S. [2010]. Photo-Booklets for English Language Learning: Incorporating Visual Communication Into Early Childhood Teacher Preparation. Early Childhood Educ J. 38 (3), pp. 171-177. DOI: 10.1007/s10643-010-0412-2

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: and Interactive Approach to Language Pedagogy. (2ð‘›ð‘‘Ed.). San Francisco State University: Longman.

Chaer, A. (2009). Psikolinguistik, kajian teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Creswell, J.W. [2014]. Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Dewi, K. D. [2016]. Pemanfaatan Lagu-lagu Populer dalam Pembelajaran [Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia. 2016]

Enever, J., Moon, J., & Raman, U. [2009]. Young Learner English Language Policy and Implementation: International Perspectives. Garnet Publishing Ltd. 38 (3), pp. 504-506. DOI: 10.1016/j.system.2010.06.004

Emzir. [2012]. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuatitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Er, S. [2013]. Using Total Physical Response Method in Early Childhood Foreign Language Teaching Environments. Procedia Social and Behavioral Sciences. 93 (__), pp. 1766-1768. DOI: 10.1016/j.sbspro.2013.10.113

Fereday & Cochrane. 2006. Demonstrating Rigor Using Thematic Analysis: A Hybrid Approach of Inductive and Deductive Coding and Theme Development. International Jounal of Qualitative Methdos. 5 (1), pp. 1-11. DOI: 10.1177/160940690600500107

Gunawan, V, Yuline, & Halida. [2014]. Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyayi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (8), pp. 1-13.

Hancock, D.R., & Algozzine, R. [2006]. Doing Case Study Research: A Pratical Guide for Beginning Researches. New York and London: Teacher College Columbia University.

Hurlock, E.B. (2008). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga. (Original work published 1978)

Jazuly, A. [2015]. Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Disajikan pada Prosiding Simposium Nasional Riset Pendidikan II tahun 2015 “Guru Transformasi untuk Pendidikan yang Lebih Baik. 24 November 2015, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD. [2010]. Kurikulum Taman Kanak-kanak Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak.

Moesclichatoen. [2004]. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Moleong, L.J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdiana, J dan Sunarsih, C. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-kanak Kelompok Kompetensi C. Bandung. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, diakses 17 November 2016, dari http://www.ukg2016.com/2016/07/kumpulan-modul-guru-pembelajar-gp-TK.html

Paquette, K. R., & Rieg, S.A. [2008]. Using Music to Support The Literacy Development of Young English Language Learners. Early Childhood Educ J. 36 (3), pp 227-232. DOI: 10.1007/s10643-008-0277-9

Puspitasari, E. [2012]. Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Educhild. 1(1), pp. 67-76. Retrieved from: https://media.neliti.com/media/publications/22935-ID-menyusun-perencanaan-pembelajaran-anak-usia-dini.pdf

Rokhayani, A. [2017]. Promoting Total Physical Response (TPR) for Young Learners In English Class. The 2ð‘›ð‘‘ TEYLIN International Conference Proceedings, pp. 75-80. Retrieved from: http://eprints.umk.ac.id/7007/10/The-2nd-TEYLIN-ilovepdf-compressed-84-89.pdf

Samad, F., & Tidore, N. [2015]. Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. Cahaya PAUD 2 (__), pp, 47-57.

Scheffler, P. [2013]. Introducing very young children to English as a foreign language. International Journal of Applied Linguistics. 25 (__), pp. 1-22. DOI: 10.1111/ijal.12035

Shan shan, F. [2017]. An Application of Total Physical Response to Primary English Teaching—A Case Study of Qingtong Primary School. David Publishing. 15 (1), pp 36-42. DOI: 10.17265/1539-8080/2017.01.006

Sophya, I.V. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 2 (2). 251-267. Retrieved from: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/1416

Suhendan, Er. [2013]. Using Total Physical Response Method in Early Childhood Foreign Language Teaching Environments. Procedia - Social and Behavioral Sciences 93 (__), pp. 1766 – 1768. DOI: 10.1016/j.sbspro.2013.10.113

Tari, K.S. [2008]. Investigating Memory Development in Children and Infantile Amnesia in Adults. Pp. 1-21. Retrieved form: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED504791.pdf

Wahyudin, U., & Agustin, M. [2011]. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelolan Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Wahyuningsih, E.T. [2016]. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris melalui Penggunaan Media Papan Flanel. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (__), pp. 279-291. Retrieved from: journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/1259/1134

Wasitohadi. TT. Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantang Guru Pada Abad 21. Retrieved from: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&cad=rja&uact =8&ved=0ahUKEwjwm9iZkJrUAhXIpo8KHZRkAeoQFghTMAc&url=http%3A%2F%2Fris.uksw.edu%2Fdownload%2Fmakalah%2Fkode%2FM01328&usg=AFQjCNG77rbqEGcqENRueUyiDNr0JPnymw&sig2=-xkr-r1Nd49NKQ1cZYAsCg

Yamin, M. [2017]. Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar. 1 (5)., pp. 82-97. Retrived from: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7974

Zubaidah, E. 2003. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-06-20