MENGEMBANGKAN SIKAP SAINS ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS BELAJAR DI RUMAH (BDR)
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p%25p.2144Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui perkembangan sikap sains anak usia dini melalui metode pembelajaran eksperimen berbasis belajar dari rumah (BDR) . Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrument yang dilakukan di TK DA’RURAHMA Majalaya. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak usia dini berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan usia 5 tahun. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh bahwa dari 15 siswa terdapat 6 anak yang mulai berkembang dan 9 anak yang berkembang sesuai dengan harapan. Metode pembelajaran sains mampu mengembangkan sikap sains anak usia dini meskipun pembelajaran berbasis belajar dari rumah (BDR). Adapun bentuk prosentase dari hasil data yaitu 42,66% anak mulai berkembang kemampuan sikap sainsnya dan 59,33% anak yang kemampuan sikap sainsnya berkembang sesuai harapan. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran meksperimen akan lebih baik jika dilaksanakan disekolah dan dilaksanakan secara bersama-sama dengan guru ataupun temannya di sekolah.References
Anggreni, I. G. A. I., Suara, I. M., & Wiyasa, I. K. N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Sains dalam Mencampur Warna Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Anak
Kelompok B di Tk Titi Dharma Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Amalia. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair Melalui Metode Eksperimen. JurnalIlmiah Potensia. 2018, Vol. 3 (2), 1-10
Barret, P.M. & Pahl, K.M. [2007]. The Development of Social–Emotional Competence in Preschool-Aged Children: An Introduction to the Fun FRIENDS Program. Australian Journal of
Guidance & Counselling.17 (1). pp 81-90. DOI: http://doi.org/10.1375/ajgc.17.1.81
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan,Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan
Kuantitatif (Edisi Kelima). Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Djamara, BS & Zain, A. (2006).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fardiah., Murwani, S., & Dhieni, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4 (1).133-140. DOI:10.31004/obsesi.v4i1.254
Foster, M.D., Young, J.R., &Young, J.L. (2017). Teacher Perceptions ofParental Involvement
and The Achievement of Diverse Learners:A Meta-Analysis. JEEL. 5 (4), pp. 1-18.
Hasan, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY:
Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102-119.
Cannady, M. A., Vincent-Ruz, P., Chung, J. M., & Schunn, C. D. (2019). Scientific sensemaking supports science content learning across disciplines and instructional contexts. Contemporary Educational Psychology, 59, 101802. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101802
Guo, L., Liao, F., Xu, Y., Wang, T., Yang, C., & Yuan, J. (2020). Experimental method and failure mechanisms investigation for out-of-plane shear fatigue behavior of 3D woven composites. International Journal of Fatigue, 134(December 2019), 105501. https://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2020.105501
Li, D., & Tian, Y. (2018). Survey and experimental study on metric learning methods. Neural Networks, 105, 447–462. https://doi.org/10.1016/j.neunet.2018.06.003
Margareta, S. (2013). Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan Pimpinan: Studu Deskriptif Analisis Kuantitatif di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Lingkungan Kantor Dina Pendidikan Provinsi Jawa Barat [Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2013). Retvieved from: http://repository.upi.edu/1605/6/S_ADP_0705056_Chapter3.pdf
Martin, J., Nuttall, J., Henderson, L., & Wood, E. (2020). Educational Leaders and the project of professionalisation in early childhood education in Australia. International Journal of Educational Research, 101, 101559. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101559
Matejevic, M., Jovanovic, D., & Jovanovic, M. (2014). Parenting Style, Involvement of Parents in School Activities and Adolescents’ Academic Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 288–293. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.158
Mustika, Y., & Nurwidaningsih. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 2 (1) 94 – 101
Molina Millán, T., Macours, K., Maluccio, J. A., & Tejerina, L. (2020). Experimental long-term effects of early-childhood and school-age exposure to a conditional cash transfer program. Journal of Development Economics, 143, 102385. https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2019.102385
Nakajima, N., Hasan, A., Jung, H., Brinkman, S., Pradhan, M., & Kinnell, A. (2019). Investing in school readiness: A comparison of different early childhood education pathways in rural Indonesia. International Journal of Educational Development, 69(September 2018), 22–38. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.05.009
O’Flaherty, J., & Costabile, M. (2020). Using a science simulation-based learning tool to develop students’ active learning, self-confidence and critical thinking in academic writing. Nurse Education in Practice, 47(June), 102839. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102839
Ross, L. L., Marchand, A. D., Cox, V. O., & Rowley, S. J. (2018). Racial identity as a context for African American parents’ school trust and involvement and the impact on student preparation and persistence. Contemporary Educational Psychology, 55, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.07.003
Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152
Sarkar, S., & Maiti, J. (2020). Machine learning in occupational accident analysis: A review using science mapping approach with citation network analysis. Safety Science, 131(June), 104900. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104900
Sugiyono. (2008). Metode PenelitianKuantitatifdab R&D. Bandung: Alfabeta.
suryaningsih, A., Rimpiati, N, L. (2018).
Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 2 (2) 194-201. DOI:10.31004/obsesi.v2i2.90
Tisza, G., Papavlasopoulou, S., Christidou, D., Iivari, N., Kinnula, M., & Voulgari, I. (2020). Patterns in informal and non-formal science learning activities for children–A Europe-wide survey study. International Journal of Child-Computer Interaction, 100184. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2020.100184
Witarsa, R., Dista, D, X. (2020). Analisis
Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap KPembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 4 (1) 58-66. DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.288
Zabrodina, I. K., Bogdanova, A. G., Bogdanova, O. V., Lilenko, I. Y., & Richter, S. O. (2015). Experimental Learning of Foreign Language with the Socio-cultural Skills Development Method by Means of Modern Internet Technologies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 215(June), 141–146. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.602
Zhao, S., Schneider, H. C., & Kamlah, M. (2020). An experimental method to measure the friction coefficients between a round particle and a flat plate. Powder Technology, 361, 983–989. https://doi.org/10.1016/j.powtec.2019.10.100